Doa Salman Al-Farisi Ketika Kaget Bangun dari Tidur Malam

2
1561

BincangSyariah.Com – Ketika kita tidur malam hari, kadang kita tiba-tiba kaget dan terkejut terbangun dari tidur. Biasanya karena dipicu oleh mimpi buruk, mendengar suara yang sangat kencang, dan lain sebagainya. Jika kita mengalami hal demikian, maka kita bisa dianjurkan untuk membaca doa. (Baca: Doa dari Rasulullah Saw. Ketika Susah Tidur)

Kaget bangun dari tidur malam hampir pernah dialami oleh semua orang, termasuk oleh Nabi Saw, para sahabatnya, dan lainnya. Dalam kitab-kitab hadis disebutkan bahwa di antara sahabat Nabi Saw yang pernah mengalami kaget bangun dari tidur adalah Ummu Salamah dan Salman Al-Farisi. Keduanya memiliki doa-doa masing-masing ketika mereka kaget bangun dari tdiur malam.

Adapun doa yang dibaca oleh Salman Al-Farisi ketika beliau kaget bangun dari tidur malam adalah sebagai berikut;

سُبْحَانَ رَبِّ النَّبِيِّينَ وَالْمُرْسَلِينَ

Subhaana robbin nabiyyiina wal mursaliin.

Maha Suci Tuhan para nabi dan para utusan.

Doa ini berdasarkan hadis yan disebutkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam kitab Mushannaf-nya berikut;

عَنْ سَلْمَانَ، أَنَّهُ كَانَ إِذَا تَعَارَّ مِنَ اللَّيْلِ، قَالَ :سُبْحَانَ رَبِّ النَّبِيِّينَ وَالْمُرْسَلِينَ

Dari Salman, sesungguhnya dia ketika kaget bangun di waktu malam, beliau berkata; Subhaana robbin nabiyyiina wal mursaliin (Maha Suci Tuhan para nabi dan para utusan).

2 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Selain membangun masjid, langkah awal yang dilakukan Nabi setelah hijrah ke Madinah adalah mempersaudarakan kaum Muhajirin dengan Anshar. Hal ini dilakukan agar kaum Muhajirin tidak merasa asing. Sebab tidak sedikit dari mereka berhijrah meninggalkan harta kekayaan bahkan keluarganya. Sehingga dengan adanya jalinan antara Muhajirin dengan Anshar, keduanya dapat saling tolong menolong baik itu dalam hal ekonomi maupun sosial. Setiap satu orang dari Muhajirin  dipasangkan dengan satu orang dari Anshar.  Saat itu nama Abu Darda disebut dan dipersaudarakan dengan Salman Al Farisi. (Baca: Doa Salman Al-Farisi Ketika Kaget Bangun dari Tidur Malam) […]

  2. […] BincangSyariah.Com – Selain membangun masjid, langkah awal yang dilakukan Nabi setelah hijrah ke Madinah adalah mempersaudarakan kaum Muhajirin dengan Anshar. Hal ini dilakukan agar kaum Muhajirin tidak merasa asing. Sebab tidak sedikit dari mereka berhijrah meninggalkan harta kekayaan bahkan keluarganya. Sehingga dengan adanya jalinan antara Muhajirin dengan Anshar, keduanya dapat saling tolong menolong baik itu dalam hal ekonomi maupun sosial. Setiap satu orang dari Muhajirin  dipasangkan dengan satu orang dari Anshar.  Saat itu nama Abu Darda disebut dan dipersaudarakan dengan Salman Al Farisi. (Baca: Doa Salman Al-Farisi Ketika Kaget Bangun dari Tidur Malam) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here