Doa Saat Terpaksa Minum Sambil Berdiri

8
3004

BincangSyariah.Com – Minum atau makan memang sebaiknya dilakukan sambil duduk. Menurut Syekh Ibnul Qayyim, minum sambil berdiri itu dapat berbahaya terhadap saluran pencernaan makanan. Namun, minum sambil berdiri itu bukan berarti diharamkan, karena Nabi dan sebagian sahabat pernah melakukannya. (Baca: Hukum Makan dan Minum Sambil Berdiri)

Bagi yang telanjur atau darurat minuma sambil berdiri, Syekh Abu Bakar Syatha dalam I’anatut Thalibin menyunahkan bacaan doa ini.

اللهم صل على سيدنا محمد الذي شرب الماء قائما وقاعدا فإنه بسبب ذلك يندفع عنه الضرر.

Allohumma sholli ‘ala sayyidina Muhammadin alladzi syaribal ma’a qoiman wa qo‘idan fa innahu bi sababi dzalika yandafi‘ud dhoror

Ya Allah, berikanlah ramhat pada junjungan kami, Nabi Muhammad, yang minum sambil berdiri dan duduk. Dengan begitu mudah-mudahan bahaya sebab minum sambil berdiri akan hilang.

Menurut Syekh Abu Bakar Syatha yang mengutip para ahli hikmah bahwa menggerakkan kedua jempol kaki saat minum sambil berdiri itu dapat mencegah bahaya yang datang.

 

Baca Juga :  Shalat Sunnah Mutlak Sebelum Makan dan Minum

8 KOMENTAR

  1. Saya agak bingung kenapa di haram justru setelah thawaf disunnahkan minum air zam zam sambil berdiri menghadap ke ka’bah?

  2. Karna air zam2 yg paling baik di tegor ikan kita ada saringan yg bisa berfungsi saat kita duduk. Air yg melewatinya akan di saring, lain halnya dengan air zamzam air yg benar2 bersih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here