Doa Saat Mengusap Wajah Setelah Makan

0
11

BincangSyariah.Com – Menurut para ulama, selain membaca doa, ketika kita selesai makan, kita juga dianjurkan untuk membersihkan kedua tangan dengan menggunakan air. Kemudian setelah tangan kita dibersihkan, maka kita dianjurkan untuk mengusap wajah dengan menggunakan kedua tangan kita.

Pada saat kita mengusap wajah, kita dianjurkan untuk membaca doa berikut;

اَللَّهُمَّ اِنّيْ اَسْأَلُكَ الزِّيْنَةَ وَاْلمَحَبَّةَ وَاْلجَنَّةَ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ السَّيِّئَاتِ وَالسَّبَابِ وَاْلغِيْبَةِ

Allohumma innii as-alukaz ziinata wal mahabbata wal jannah. Wa a’uudzu bika minas sayyi-aati was sabaabi wal ghiibah.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu hiasan, kecintaan dan surga. Dan aku berlindung kepada-Mu dari semua keburukan, celaan dan ghibah.

Doa ini sebagaimana disebutkan oleh Habib Zain bin Sumaith dalam kitab Al-Nujum Al-Zahirah fi Al-Azkar berikut;

عن الحبيب حسن بن صالح البحر نفع الله به: اذا اكل الانسان طعامه فغسل يديه فليمسح بهما وجهه وليقل: اللهم انا نسألك الزينة والمحبة والجنة واعوذ بك من السيئات والسباب والغيبة فانه لا يحاسب العبد على ذلك الطعام الذي اكله

Dari Habib Hasan bin Shalih Al-Bahr- semoga Allah memberikan manfaat dengannya -(berkata); Jika seseorang selesai makan makanannya, lalu membasuh kedua tangannya, maka hendaknya dia mengusap wajahnya dengan kedua tangannya tersebut sambil mengucapkan; Allohumma innii as-alukaz ziinata wal mahabbata wal jannah. Wa a’uudzu bika minas sayyi-aati was sabaabi wal ghiibah. Sesungguhnya hamba tersebut tidak akan dihisab atas makanan yang telah dia makan.  

Baca Juga :  Setelah Makan, Bacalah Dua Surah Al-Quran Ini Agar Berkah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here