Doa saat Menghadapi Lawan

0
2053

BincangSyariah.Com – Lawan adalah kawan yang tersembunyi. Layaknya siang yang tidak pernah berpisah dengan malam, begitulah realita lawan dan kawan dalam kehidupan. Adanya lawan bukan untuk dipermasalahkan, namun untuk dihadapi dengan tenang hati. Dari situlah manusia bisa beranjak  ke fase kehidupan yang lebih baik lagi.

Bukankah Allah tidak akan mempertemukan kita dengan lawan yang tidak sebanding dengan kemampuan kita? Sebab itulah hadapi setiap lawan dengan hati tenang. Hadapi, hayati dan nikmati. Yakinilah bahwa setelah menghadapi lawan tersebut, kita akan menjadi manusia yang lebih hebat lagi. Tersirat dalam QS Al Insyirah ayat 6:

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan

Hidup memang tidak didesain untuk mencari lawan, namun secara dinamis kita  dipertemukan dengan banyak kawan dan lawan. Dalam hal ini, sebenarnya lawan bisa membuat orang lebih dekat kepada tuhannya. Karena untuk menghadapi lawan, kita butuh banyak pertolongan Tuhan. Jika ada masalah dan perlu dilawan, maka hadapi dengan bijak sembari berdoa kepada Allah. Bukankah berusaha tanpa berdoa itu adalah sombong?

Berdoalah untuk segala keinginan yang kita harapkan. Termasuk dalam bisa menghadapi lawan dalam kehidupan sehari-hari. Berdoa dan yakinlah bahwa Allah mendengar dan mengabulkan permohonan itu. Dalam hal ini, kita perlu banyak belajar dari QS Al Baqarah ayat 186 yang tersurat sebagai berikut:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran

Selain memberikan keterangan bahwa Allah mendengar permohonan setiap hamba, Al Qur’an juga menyebutkan sebuah doa yang bisa menemani kita saat menghadapi lawan. Doa tersebut tersurat dalam QS Al Baqarah ayat 250:

Baca Juga :  Bolehkah Berdoa dengan Lafaz In Syi'ta

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَاوَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbana afrig ‘alaina shabran wa tsabbit aqdamana wanshurna ‘alal qaumil kafirin

Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir yang jahat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here