Doa saat Mendengar Kokok Ayam, Ringkikan Keledai, dan Lolongan Anjing

0
231

BincangSyariah.Com – Bunyi-bunyi yang muncul dari beberapa hewan yang berbeda-beda, adalah tanda-tanda karunia ciptaan Allah Swt. Dia Maha Pencipta menciptakan alam semesta dengan berbagai bentuk, termasuk bunyi yang bisa keluar darinya pun berbeda-beda. Tidak hanya manusia yang dikaruniakan beragam bahasa – dan bahkan intonasi yang berbeda-beda pula, hewan juga dikaruniakan suara yang berbeda-beda.

Terkait dengan bunyi-bunyi hewan tersebut, Nabi Saw. pernah bersabda bahwa kita disunnahkan membaca sesuatu, dengan bacaan yang berbeda-beda ketika mendengar suara hewan yang berbeda pula. Ketika mendengar ayam berkokok, kita disunnahkan untuk memohon karunia Allah Swt. karena Nabi Saw. mengatakan bahwa ayam berkokok karena melihat malaikat. Dan kita disunnahkan untuk berlindung kepada-Nya ketiga mendengar anjing menggonggong atau keledai meringkik, karena Nabi Saw. mengatakan anjing dan keledai bersuara karena melihat setan.

Informasi tersebut bersumber dari hadis, diantaranya yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah Ra., beliau bersabda:

 إذَا سَمِعْتُمْ نُهَاقَ الحَمِيرِ فَتَعَوَّذُوا بالله مِنَ الشَّيْطانِ، فإنَّهَا رأتْ شَيْطاناً، وَإذا سَمِعْتُمْ صِياحَ الدّيَكَةِ فاسْأَلُوا اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ فإنَّها رأتْ مَلَكاً

“Jika kalian mendengar ringkikan keledai, makanya mohonlah perlindungan kepada Allah dari godaan setan. Karena sesungguhnya ia sedang melihat setan. Dan jika kalian mendengar kokok ayam, maka mintalah keutamaan dari Allah Swt., karena ayam itu sedang melihat malaikat.”

Di dalam hadis lain, disunahkan juga memohon perlindungan kepada Allah ketika mendengar anjing menggonggong. Hadisnya diriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdillah dan terdapat diantaranya dalam Sunan Abi Dawud,

إِذَا سَمِعْتُمْ نُبَاحَ الْكِلَابِ وَنَهِيقَ الْحُمُرِ بِاللَّيْلِ فَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ ، فَإِنَّهُنَّ يَرَيْنَ مَا لَا تَرَوْنَ

Artinya:
“Jika kalian mendengar anjing melolong dan himar/keledai meringkik, maka bermohonlah perlindungan dari Allah Swt. Karena sesungguhnya dia melihat apa yang tidak kalian lihat.”

Baca Juga :  Ini Doa Qunut yang Diajarkan Rasulullah

Sebagai tambahan, para ilmuwan muslim ataupun bukan, mencoba merasionalisasi tema ini. Mereka yang sepakat – umumnya dari kalangan muslim – mengatakan bahwa hadis ini benar jika dilihat dari sudut pandang ilmu pengetahuan modern. Dalam situs mawdoo3.com pada artikel limaadza yanhaaqu al-himaar, anjing dan keledai benar dapat melihat hal-hal gaib seperti setan karena mereka memiliki kemampuan mendengar suara infrasonik dan gelombang cahaya di bawah warna merah.

Keduanya berkemungkinan terdapat pada hal-hal yang gaib seperti setan karena mereka terbuat dari api, dan gelombangnya di bawah gelombang merah. Dan, ayam memang benar melihat malaikat karena ayam memiliki kemampuan melihat gelombang cahaya di atas ungu (ungu adalah gelombang cahaya yang dimiliki oleh anak yang disebut dengan anak indigo), yaitu putih. Dan malaikat berkemungkinan memiliki gelombang cahaya tersebut karena diciptakan dari cahaya.

Mereka yang menolak, sementara berpendapat bahwa seperti anjing ia bersuara mengikuti instingnya saja. Untuk mengatakan bahwa anjing sedang melihat “setan”, adalah sesuatu yang tidak diterima menurut mereka yang menolaknya. Menurut mereka, anjing hanya lebih peka saja melihat gerakan atau yang sebenarnya manusia tidak sadar.

Meskipun demikian, mengutip pendapat Profesor psikologi Universitas Columbia, Stanley Coren, Ph.D dalam artikel berjudul Can Dogs Detect Ghosts, Spirits, or Hallucinations?, anjing bisa digunakan sebagai pembantu bagi terapis orang-orang yang mengaku merasa depresi akibat halusinasi yang ia rasakan. Cara pengobatannya adalah, anjing dapat bersuara langsung terhadap objek yang dirasa oleh penderita sebagai sumber halusinasi.

Sangat menarik bukan, ciptaan Allah Yang Maha Kuasa ini. Subhanallah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.