Doa Saat Memasuki Rumah Kosong

0
957

BincangSyariah.Com – Tradisi masyarakat Indonesia saat hendak memasuki rumah orang lain baik yang dikenal maupun tidak itu biasanya si tamu permisi terlebih dahulu pada pemilik rumah. Permisi dilakukan dengan cara mengetuk pintu atau memencet bel, kemudian setelah tuan rumah menemui, barulah kita mengucapkan salam kepadanya.

Mengucapkan salam juga disunahkan saat kita memasuki rumah sendiri. Hal ini sebagaimana hadis riwayat Anas bin Malik yang pernah mendengar pesan Nabi saw.

“Nak, saat kamu hendak masuk rumah, ucapkanlah salam untuk keluargamu yang sedang menantimu di rumah. Ucapan salam itu akan menjadi keberkahan bagimu dan keluarga” (HR Tirmidzi).

Ucapan salam yang disampaikan tentu sama seperti salam pada umumnya, yaitu assalamu’alaikum. Namun, saat rumah kita sedang kosong, ucapan salam yang kita baca berbeda dengan salam pada umumnya. Ucapan salam yang dianjurkan saat di rumah sedang tidak ada orang adalah sebagai berikut.

Pertama, membaca basmalah sebelum masuk rumah.

Kedua, membaca doa berikut.

اللهم إني أسألك خير المولج وخير المدخل. بسم الله ولجنا، وبسم الله خرجنا، وعلى الله توكلنا

Allohumma inni as’aluka khoirol maulij wa khoirol madkhol. Bismillah walajna, wa bismillah khorojna, wa ‘alallahi tawakkalna.

Ya Allah, aku memohon tempat masuk yang terbaik. Dengan pertolongan-Mu, kami masuk dan keluar. Hanya pada-Mu, kami pasrah dan tawakal.

Ketiga, membaca salam berikut.

السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين.

Assalamu’alaina wa ‘ala ‘ibadillahis sholihin.

Semoga keselamatan menyertai kami dan hamba-hamba Allah yang saleh.

Doa ini juga dapat dibaca saat memasuki rumah siapa pun yang memang tidak berpenghuni agar kita selalu dilindungi oleh Allah Swt. Penjelasan tersebut merupakan ringkasan dari beberapa kutipan Syekh Abu Bakar Syatha dalam I’anatut Thalibin. Wallahualam

Baca Juga :  Doa Berlindung dari Perilaku Ahli Neraka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here