Doa saat Memasuki Kota Madinah

1
4657

BincangSyariah.Com – Memasuki kota Madinah, maka salah satu sisi yang paling menarik perhatian khususnya banyak umat muslim di dunia adalah keberadaan Masjid Nabawi. Masjid yang saat ini sangat megah ini pada masa Rasulullah Saw. adalah masjid pertama, dan menyatu dengan rumah Nabi Saw.

Kota Madinah dahulu bernama kota Yatsrib. Kemudian, saat Rasulullah Saw. hijrah ke kota Madinah dari Mekkah, beliaulah yang merubah namanya menjadi Madinah. Dalam riwayat lain disebut juga Thobah, dan Thoyyibah. Rasulullah dalam suatu riwayat pernah menyatakan tidak menyukai nama Yatsrib. Menurut ahli bahasa, kata Yatsrib punya makna yang kurang bagus misalnya berasal dari kata tsaraba yang bermakna rusak atau terkoyak (al-fasad).

Kota Madinah juga merupakan tempat istimewa bagi Rasulullah. Di kota itulah Rasulullah tinggal selama kurang lebih 13 tahun. Menurut Imam al-Ghazali dalam kitabnya Ihya ‘Ulumuddin, ketika memasuki kota Madinah maka dianjurkan membaca doa berikut ini,

اللَّهُمَّ هَذَا حَرَامُ رَسُولِكَ وَاجْعَلْهُ وِقَايَةً مِنَ النَّارِ َوأَمَنَةً مِنَ الْعَذَابِ وَسُوءَ الحِسَابِ

Allahumma haadzaa haraamu rasuulila waj’alhu waqaayatan minan naari wa amanatan minal ‘adzaabi wa suu’al hisaabi

taArtinya; Ya Allah, negeri ini adalah tanah haram Rasul-Mu. Maka jadikanlah ia bagiku penjaga dari neraka, aman dari siksa dan buruknya perhitungan di hari kemudian.

Baca Juga :  Wasiat Pertama Nabi Ketika di Madinah

1 KOMENTAR

  1. […] Secara umum kata Madinah dalam bahasa Arab berarti ‘kota’. Sebagai contoh, Madinah Qairowan artinya ‘kota Kairouan’, Madinah Baghdad, artinya ‘kota Baghdad’, Madinah Tilmisan artinya ‘kota Tlemcen’ dan lain sebagainya. Namun jika kata Madinah diberi al ta’rif (Al-Madinah) maka kota yang dimaksud mengacu pada satu kota saja, yakni kota Madinah yang terletak di Arab Saudi. (Baca: Doa saat Memasuki Kota Madinah) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here