Doa saat Melunasi Utang

0
1489

BincangSyariah.Com – Islam membolehkan utang-piutang antara satu orang dengan lainnya. Bahkan kita sangat dianjurkan untuk memberikan pinjaman kepada saudara kita yang sangat membutuhkan. Allah akan memberikan pahala kepada orang memberikan pinjaman kepada saudaranya yang membutuhkan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah, Nabi Saw. bersabda;

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُقْرِضُ مُسْلِمًا قَرْضًا مَرَّتَيْنِ إِلاَّ كَانَ كَصَدَقَتِهَا مَرَّة

“Setiap Muslim yang memberikan pinjaman kepada Muslim lainnya sebanyak dua kali, maka pahalanya seperti orang yang bersedekah satu kali.”

Selain itu, jika sudah mampu, orang yang berutang secepatnya melunasi dengan cara yang baik. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dari Abu Hurairah, Nabi Saw. bersbda;

إِنَّ خِيَارَكُمْ أَحْسَنُكُمْ قَضَاءً

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik dalam pengembalian utang.”

Termasuk cara yang baik dalam melunasi utang adalah membayarnya tepat waktu dan mendoakan orang yang memberikan utang. Saat membayar, berikut adalah doa melunasi utang sebagaimana dianjurkan oleh Imam Nawawi dalam kitabnya Alazkar.

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِكَ وَجَزَاكَ خَيْرًا

Barakallahu laka fi ahlika wa malika, wa jazaka khairan

“Semoga Allah menurunkan keberkahan bagimu terutama untuk keluarga dan hartamu. Semoga Allah membalasmu dengan kebaikanNya.”

 

Baca Juga :  Doa Nabi Musa Ketika Kaumnya Tertimpa Gempa Bumi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here