Doa saat Istri Melahirkan

0
477

BincangSyariah.Com – Melahirkan anak adalah salah satu pengorbanan bagi seorang perempuan. Betapa tidak, ia harus rela mempertaruhkan nyawanya sendiri untuk melahirkan anak yang dikandungnya selama kurang lebih sembilan bulan. Karenanya suami yang mendampingi dianjurkan membaca doa saat istri melahirkan, agar proses kelahiran itu lancar dan mudah, serta selamat baik ibu maupun anaknya.

Ibnus Sunni di dalam kitab Amalul yaum wal lailah meriwayatkan tentang doa agar proses persalinan mudah dan lancar:

“Rasulullah saw. memerintahkan kepada Ummu Salamah dan Zainab bint Jahsy untuk mendatangi Fathimah r.a ketika mendekati proses persalinan. Lalu beliau membaca di samping Fathimah ayat kursi dan ayat berikut:

إِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ اللهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. (Q.S. Al A’raf; 54)

Setelah itu, beliau meminta perlindungan kepada Allah swt. untuk Fatimah dengan membaca surah muawwidzatain (surah Annas dan Al Falaq).

Demikianlah doa saat istri melahirkan yang pernah diajarkan Rasulullah Saw., untuk putrinya yang hendak melahirkan. Doa tersebut dapat juga kita amalkan untuk istri, ibu, saudara atau tetangga kita yang hendak melahirkan, dengan harapan agar proses persalinannya lancar dan mudah, sehingga baik ibu maupun anak yang akan dilahirkan selamat dan sehat. Wa Allahu A’lam bis Shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.