Doa saat Bertamu yang Diajarkan Rasulullah

1
1434

BincangSyariah.Com – Bertamu adalah kegiatan yang lumrah dilakukan oleh banyak orang. Apalagi sebagai orang Indonesia yang karakternya hobi ngumpul dan ngobrol-ngobrol. Tidak heran jika ada peribahasa Jawa “mangan orang mangan asal ngumpul”, artinya tetap bersama meskipun susah.

Tetapi, bagaimana Islam mengajarkan adab bertamu, khususnya yang diajarkan dalam Alquran? Di antaranya dijelaskan dalam surah al-Ahzab 53 (Tafsir al-Ahzab 53; Etika Bertamu dalam Al-Qur’an)

Di antara adab bertamu adalah mendoakan pemilik rumah. Ini diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw. Adapun doa saat bertamu yang diajarkan Rasulullah adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقتهُمْ، واغْفِر لهم وارحَمْهُم

Allahumma baarik lahum fiimaa razaqtahum waghfir lahum warhamhum

“Ya Allah berkatilah mereka dalam segala hal yang Engkau rizkikan kepada mereka, serta ampunilah mereka dan sayangilah mereka”

(Diriwayatkan oleh Imam al-Tirmidzi)

Baca Juga :  Doa untuk Orang yang Baru Datang dari Perjalanan

1 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Mengunjungi rumah saudara, karib kerabat, dan teman termasuk perbuatan mulia. Hal ini karena melalui kunjungan tersebut hubungan persaudaraan dan persahabat menjadi semakin kokoh dan akrab. Supaya kunjungan membuahkan hasil dan mendapatkan kebaikan, maka perlu diperhatikan etika pada saat bertamu. Perhatikan waktu dan kondisi orang yang akan kita kunjungi. (Doa Saat Bertamu yang Diajarkan Rasulullah) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here