Doa Pulang dari Masjid Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani

1
17

BincangSyariah.Com – Di antara adab ketika kita pulang dari masjid setelah melaksanakan shalat wajib berjemaah, atau setelah mengikuti pengajian di masjid, adalah memperbanyak zikir kepada Allah di waktu perjalanan dan juga memohon kepada Allah agar ibadah-ibadah dan kebaikan yang telah dikerjakan diterima oleh-Nya. Dalam kitab Al-Nujum Al-Zahirah, Habib Zain bin Sumaith menyebutkan bahwa doa pulang dari masjid di antaranya adalah doa dari Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani. Doa pulang dari masjid yang dimaksud adalah doa sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَعُوْذَ بِوَصْلِكَ مِنْ صَدِّكَ وَاَعُوْذُ بِقَبُوْلِكَ مِنْ رَدِّكَ وَاَعُوْذُ بِقُرْبِكَ مِنْ طَرْدِكَ اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِنْ أَهْلِ طَاعَتِكَ وَ وِدِّكِ وَاَهِّلْناَ لِذِكْرِكَ وَ حَمْدِكَ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allohumma innii a’uudzu bika biwashlika min shoddika wa a’uudzu biqobuulika min roddika wa a’uudzu biqurbika min thordika. Allohummaj’alnaa min ahli thoo’atika wa widdika wa ahhilnaa lidzikrika wa hamdika yaa arhamar roohiminn.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan ketersambungan-Mu dari penolakan-Mu, dan aku berlindung dengan penerimaan-Mu dari berpaling-Mu, aku berlindung dengan kedekatan-Mu dari mengusir-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang taat kepada-Mu dan senang kepada-Mu, dan jadikanlah kami orang-orang yang senantiasa mengingat-Mu dan memuji-Mu, dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Paling Pengasih di antara para pengasih.

Doa Berangkat ke Masjid 

 

Ketika kita mau keluar dari rumah menuju masjid untuk melaksanakan shalat berjemaah, maka kita dianjurkan untuk berjalan dengan tenang, penuh kekhusyukan dan tidak tergesa-gesa. Selain itu, kita juga dianjurkan mengingat Allah dengan membaca dzikir, istighfar, berdoa dan lainnya.

Di antara doa yang dianjurkan untuk kita baca ketika kita keluar dari rumah menuju masjid adalah ayat berikut;

وَقُلْ رَّبِّ اَدۡخِلۡنِىۡ مُدۡخَلَ صِدۡقٍ وَّ اَخۡرِجۡنِىۡ مُخۡرَجَ صِدۡقٍ وَّاجۡعَلْ لِّىۡ مِنۡ لَّدُنۡكَ سُلۡطٰنًا نَّصِيۡرًا‏

Wa qur robbi adkhilnii mudkhola shidqiw wa akhrijnii mukhroja shidqiw waj’allii min ladunka sulthoonan nashiiroo.

Artinya:

Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku).

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Shihabuddin Al-Suhrawardi dalam kitab ‘Awarif Al-Ma’arif berikut;

ثم  يقصد المسجد للجماعة ويقول عند خروجه من منزله :وقل رب ادخلني مدخل صدق واخرجني مخرج صدق واجعل لي من لدنك سلطانا نصيرا

Kemudian seseorang hendaknya menuju tempat ibadah shalat untuk melakukan shalat berjemaah dan ketika keluar dari rumahnya, maka hendaknya dia mengucapkan: Wa qur robbi adkhilnii mudkhola shidqiw wa akhrijnii mukhroja shidqiw waj’allii min ladunka sulthoonan nashiiroo.

100%

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here