Doa Orang yang Mengalami Kesulitan

0
2326

BincangSyariah.Com –Kehidupan di dunia tidak akan pernah lepas dari sebuah kesulitan. Satu masalah selesai akan datang masalah baru yang harus diselesaikan. Kerena memang hidup ini adalah tempat manusia diuji dengan berbagai kesulitan, siapa di antara kita yang paling baik amal shalehnya. Kesulitan hadir untuk dipecahkan, bukan pura-pura bahagia hingga menuntun pada pola hidup yang rapuh, neurotisme dan pengekangan emosional. Karena kesulitan hidup tidak akan pernah berhenti, yang ada hanyalah ia datang silih berganti.

Di saat kesulitan hidup datnag menyapa, maka hal pertama yang kita lakukan adalah mencari pertolongan. Sebagai umat muslim yang baik, pertolongan pertama pada kesulitan adalah pertolongan Allah. Kesulitan yang datangnya dari Allah, maka Allah pula yang paling mengerti jalan keluar dari kesulitan tersebut.

Allah menjamin bahwa kesulitan yang datang tidak akan lebh dari kesanggupan orang yang dibebani. Oleh karena itu, kita harus percaya bahwa setiap kesulitan yang menerpa pasti bisa dilewati. Namun dilewati dengan baik atau tidaknya tergantung dari niat dan usaha yang dilakukan. Senada dengan QS Al Baqarah ayat 286:

لا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya

Allah menguji kita dengan berbagai kesulitan, namun Rasulullah tidak lewat untuk  mengajarkan sebuah doa dalam menghadapi kesulitan tersebut. Doa tersebut bisa dibaca saat kita mulai berat, tak tentu arah dan tak tau harus meminta tolong kepada siapa kecuali pada Allah.

Datanglah kepada Allah dengan untaian doa terbaik, bukan galau dan mengeluh yang justru membuat jiwa dan akal kita melemah. Doa tersebut disebutkan dalam hadis dari Anas bin Malik.  Doa tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Melihat Orang Mencari Barang Hilang di Masjid, Baca Doa Ini

اللهم لا سهل إلا ما جعلته سهلاً فأنت تجعل الحزن إن شئت سهلا

Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang engkau jadiakn mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here