Doa Nabi Saw. Kepada Perempuan Janda

0
233

BincangSyariah.Com – Di Indonesia, perempuan yang bercerai dengan suaminya atau ditinggal wafat oleh suaminya dan belum nikah lagi umumnya disebut dengan perempuan janda. Di dalam bahasa Arab, perempaun janda disebut dengan ayyim atau perempuan yang tidak memiliki suami, baik karena bercerai atau ditinggal wafat suaminya.

Di zaman Nabi Saw, banyak perempuan janda yang ditinggal wafat oleh suaminya, baik wafat karena berperang atau lainnya. Karena perempuan janda umumnya rentan secara sosial dan ekonomi, maka Nabi Saw memberikan perhatian lebih pada perempuan janda, baik dengan menikahinya, seperti Ummu Salamah, atau membantu ekonominya, maupun mendoakan kebaikan. Di antara doa Nabi Saw. kepada perempuan janda, diantaranya adalah Julaibib adalah sebagai berikut,

أللهُمَّ صُبَّ عَلَيْهَا الْخَيْرَ صَبًّا ، وَلَا تَجْعَلْ عَيْشَهَا كَدًّا كَدًّا

Allohumma shubba ‘alaihaa shobban walaa taj’al ‘aisyahaa kaddan kaddan.

Ya Allah, limpahkan kepadanya kebaikan dengan kebaikan yang melimpah, dan jangan jadikan kehidupannya membanting tulang (sulit).

kkitab Al-Fathur Rabbani li Tartibi Musnad Ahmad bin Hanbal berikut;

وَحَدَّثَ إِسْحَاقُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ ثَابِتًا قَالَ : هَلْ تَعْلَمْ مَا دَعَا لَهَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ؟ قَالَ : اللهُمَّ صُبَّ عَلَيْهَا الْخَيْرَ صَبًّا ، وَلَا تَجْعَلْ عَيْشَهَا كَدًّا كَدًّا .

Ishaq bin Abdillah bin Abi Thalhah bercerita kepada Tsabit; Apakah kamu tahu apa yang didoakan Rasulullah Saw kepada Julaibib? Rasulullah Saw berdoa; Allohumma shubba ‘alaihaa shobban walaa taj’al ‘aisyahaa kaddan kaddan (Ya Allah, limpahkan kepadanya kebaikan dengan kebaikan yang melimpah, dan jangan jadikan kehidupannya membanting tulang (sulit).

Baca Juga :  Doa Khataman Al-Qur'an Versi Imam Nawawi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here