Doa Nabi untuk Salman Al-Farisi Ketika Sedang Sakit

0
1350

BincangSyariah.Com – Menjenguk dan mengunjungi orang sakit merupakan perbuatan mulia yang sangat dianjurkan, terutama bagi orang yang masih memiliki hubungan dekat, seperti saudara, teman, tetangga, guru, murid dan lain sebagainya. Islam sangat menganjurkan untuk saling memperhatikan satu sama lain, terutama ketika salah satu di antara yang lain tersebut sedang mendapatkan ujian musibah seperti sakit dan sebagainya.

Pada saat kita menjenguk orang sakit, selain mendoakan kesembuhan, juga kita dianjurkan untuk mendoakan agar ia mendapat ampunan dari Allah. Hal ini sebagaimana doa Nabi Saw untuk Salman Al-Farisi ketika ia sedang sakit. Nabi Saw berdoa;

يا سلمان شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Ya Salman, syafallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afaka fi dinika wa jismika ili muddati ajalika.

Wahai Salman, (bisa diganti dengan nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta badanmu hingga ajalmu tiba.

Doa berasal dari hadis riwayat Imam Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak, dari Salman Al-Farisi, dia berkata;

عادني رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم وأنا عليل ، فقال : يا سلمان شفى الله سقمك  وغفر ذنبك  وعافاك في بدنك وجسمك إلى مدة أجلك

Rasulullah Saw menjengukku pada saat aku sedang sakit. Kemudian beliau berucap; ‘Ya Salman, syafallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afaka fi dinika wa jismika ili muddati ajalika (Wahai Salman, semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta badanmu hingga ajalmu tiba).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here