Doa Nabi Nuh Setelah Buang Air Besar atau Kecil

0
1530

BincangSyariah.Com – Membuang air besar atau kecil merupakan aktifitas yang setiap hari kita lakukan. Karena buang air besar dan kecil termasuk bagian dari nikmat dari Allah, maka kita harus bersyukur kepada-Nya setiap selesai buang air besar maupun buang air kecil dengan membaca doa.

Selain doa yang dibaca dan diajarkan oleh Nabi Saw, juga terdapat doa yang dibaca oleh Nabi Nuh setelah buang air besar atau kecil. Lafadz doanya sebagai berikut;

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذَاقَنِي لَذَّتَهُ، وَأَبْقَى مَنْفَعَتَهُ فِي جَسَدِي، وَأَخْرَجَ عَنِّي أَذَاهُ

Alhamdu lillahil ladzii adzaaqonii ladzdzatahuu wa abqoo manfa’atahuu fi jasadii wa akhroja ‘annii adzaahu.

Segala puji bagi Allah yang telah merasakan kepadaku kelezatan makanan, dan melestarikan manfaatnya dalam tubuhku, dan mengeluarkan dariku keburukan atau penyakitnya.

Doa ini berdasarkan riwayat yang disebutkan oleh Ibn Abi Ad-Dunya dalam kitab As-Syukru berikut;

حَدَّثَتْنَا أُمُّ النُّعْمَانِ، أَنَّ عَائِشَةَ، حَدَّثَتْهَا، عَنِ النَّبِيِّ قَالَ: إِنَّ نُوحًا عَلَيْهِ السَّلَامُ لَمْ يَقُمْ عَنْ خَلَاءٍ قَطُّ إِلَّا قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذَاقَنِي لَذَّتَهُ، وَأَبْقَى مَنْفَعَتَهُ فِي جَسَدِي، وَأَخْرَجَ عَنِّي أَذَاهُ

Telah menceritakan kepada kami Ummu Al-Nu’man, bahwa Sayidah Aisyah menceritkan kepadanya, dari Nabi Saw, beliau bersabda; Sesungguhnya Nabi Nuh sama sekali tidak pernah meninggalkan tempat buang air besar dan kecil kecuali dia mengucapkan; Alhamdu lillahil ladzii adzaaqonii ladzdzatahuu wa abqoo manfa’atahuu fi jasadii wa akhroja ‘annii adzaahu.

Baca Juga :  Ingin Selalu Dicintai Allah, Seringlah Baca Doa Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here