Doa Nabi Menyambut Orang yang Baru Pulang Ibadah Haji

1
929

BincangSyariah.Com – Indonesia yang bangsanya beraneka suku memiliki adat dan kebiasaan yang bermacam-macam. Banyak contoh perbedaan adat dan kebiasaan yang bisa kita temui. Salah satunya adalah ketika menyambut jamaah haji yang pulang ke tanah air. Berikut ini adalah doa ketika menyambut jamaah haji yang pulang ke tanah air:

قَبَّلَ اللهُ حَجَّكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَأَخْلَفَ نَفَقَتَكَ

Qabballallâhu hajjaka, wa ghafara dzanbaka, wa akhlafa nafaqataka

 “Semoga Allah menerima ibadah hajimu, mengampuni dosamu, dan mengganti pengeluaranmu.”

Di Madura (terutama di desa) atau di daerah lain, ketika ada yang pulang berhaji, kerabat dan tetangga akan menjemput orang tersebut menggunakan mobil. Tidak peduli sekalipun mobil tersebut harus merental. Arakan mobil bisa mencapai 30 mobil untuk satu jamaah. Bila jamaah haji berjumlah 500 orang, kasarnya akan ada 1.500 mobil yang akan masuk ke kota (hotel tempat jamaah haji menginap). Hal seperti itu tentu tak akan ditemui di Jakarta. Saya tidak bisa membayangkan apabila Jakarta juga seperti itu. Pastilah lalu lintas akan semakin macet. (Baca: Doa Memohonkan Ampunan untuk Para Jemaah Haji)

Disebutkan dalam kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi.

روينا في كتاب ابن السني عن ابن عمر رضي الله عنهما قال: جاء غلام إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال: إني أريد الحج، فمشى معه رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال: يا غلام، زودك الله التقوى، ووجهك في الخير، وكفاك الهم”، فلما رجع الغلام سلم على النبي صلى الله عليه وسلم فقال “يا غلام قبل الله حجك، وغفر ذنبك، وأخلف نفقتك

 “Diriwayatkan kepada kami di Kitab Ibnu Sunni dari Ibnu Umar RA, bahwa suatu hari seorang jejaka menemui Rasulullah, ‘Aku ingin berhaji wahai Rasul.’ Ia kemudian berjalan bersama Rasulullah. Rasul mendoakannya, ‘Zawwadakallâhut taqwa, wa wajjahaka fil khair, wa kafâkal hamma.’ Sepulang dari haji, ia menemui Rasulullah. Rasul mendoakan, ‘Wahai pemuda, Qabballallâhu hajjaka, wa ghafara dzanbaka, wa akhlafa nafaqataka.”

Wallahu taala a‘lam.

Baca Juga :  Kumpulan Doa-doa Para Nabi di Dalam Al-Qur'an (II)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here