Doa Menghilangkan Bisikan Buruk dalam Pikiran dan Hati

0
588

BincangSyariah.Com – Bisikan buruk seringkali menghinggapi pikiran dan hati kita, baik yang berkaitan dengan Allah maupun kepada orang lain. Bisikan buruk yang berkaitan dengan Allah, misalnya, tiba-tiba pikiran dan hati kita ragu akan keberadaan Allah, ragu akan kekuasaan-Nya, juga dalam hal-hal tertentu berburuk sangka kepada-Nya.

Bisikan buruk yang berkaitan dengan orang lain, misalnya, tiba-tiba pikiran dan hati kita punya niatan untuk mendzalimi orang lain, mencelakainya, atau berburuk sangka kepadanya. Semua ini termasuk bisikan, atau dalam tradisi sufi disebut khawathir, yang berbahaya dan dilarang dalam Islam. (Baca: Hadis tentang Allah Tidak Pernah Zalim)

Untuk itu, ketika kita mengalami bisikan buruk dalam pikiran dan hati kita, agar hal itu cepat hilang dan tidak terus menerus mengganggu, maka kita hendaknya memperbanyak membaca doa berikut;

سُبْحَانَ اْلمَلِكِ اْلخَلاَّقِ إِنْ يَشَأْ يُذْهِبْكُمْ وَيَأْتِ بِخَلْقٍ جَدِيْدٍ وَمَا ذَلِكَ عَلَى اللهِ بِعَزِيْز.

Subhaanal malikil khollaaq. Iyyasya’ yudzhibkum wa ya’ti bi kholqin jadiid, wa maa dzaailika ‘alallaahi bi ‘aziiz.

Maha Suci Dzat Yang Merajai dan Yang Menciptakan. Jika Dia berkehendak, niscaya Dia membinasakan kalian dan mendatangkan makhluk yang baru. Dan, yang demikian itu tidak sukar bagi Allah. (Baca: Ini Doa untuk Ketenangan Hati dan Pikiran)

Doa ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Al-Hasan Al-Syadzili dalam kitab Risalatul Amin fi Al-Wushul ila Robbi Al-‘Alamin berikut;

اذا كثر عليك الخواطر والوساوس فقل: سبحان الملك الخلاق إن يشأ يذهبكم ويأت بخلق جديد وما ذلك على الله بعزيز.

Jika kamu banyak mengalami bisikan buruk dan waswas, maka ucapkanlah; Subhaanal malikil khollaaq. Iyyasya’ yudzhibkum wa ya’ti bi kholqin jadiid, wa maa dzaailika ‘alallaahi bi ‘aziiz.

Baca Juga :  Doa Ketika Hendak Berceramah Agar Terhindar dari Kesalahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here