Doa Meminum Air Zamzam yang Diajarkan Rasulullah Saw.

0
208

BincangSyariah.Com – Salah satu khasiat air zamzam adalah dapat digunakan untuk segala hajat/kebutuhan bagi orang yang mengkonsumsinya. Hal ini telah tegas disampaikan Jabir r.a. yang pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda

(مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ (رواه احمد وابن ماجه

“Air zamzam sesuai tujuan orang yang meminumnya.” (H.R. Ahmad dan Ibnu Majah)

Berdasarkan hadis tersebut, Imam Nawawi di dalam kitab Al- Adzkar mengatakan bahwa ulama pun mengamalkan hadis itu, mereka minum air zamzam dengan niat sesuai apa yang diminta, dan mereka pun mendapatkan khasiat sesuai dengan hajatnya (atas izin Allah).

Oleh karena itu, ulama pun mengatakan bahwa disunahkan orang yang minum air zamzam itu untuk agar (minta) diampuni (dosa-dosanya), disembuhkan penyakitnya dan keinginan-keinginan lainnya.

Selain itu, hendaknya ketika minum air zamzam ia mengucapkan doa-doa sebagaimana berikut:

اَللَّهُمَّ إِنَّهُ بَلَغَنِيْ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ” اَللَّهُمَّ وَإِنِّيْ أَشْرَبُهُ لِتَغْفِرَ لِيْ وَلِتَفْعَلَ بِيْ كَذَا وَكَذَا ، فَاغْفِرْ لِيْ أَوِ افْعَلْ .

Allahumma innahu balaghani anna Rasulallah shallaallahu alaihi wasallama qala mau zamzama lima syuriba lahu Allahumma wa inni asyrabuhu litaghfira li wa li taf’ala bi kadza wa kadza, faghfir li awif’al.

“Wahai Allah, sungguh telah sampai kepadaku bahwa Rasulullah saw. telah bersabda, “Air zamzam sesuai tujuan orang yang meminumnya. Wahai Allah dan sungguh aku akan meminumnya, (saya mohon) agar Engkau mengampuni (dosa-dosa saya) dan (saya mohon) agar Engkau mengabulkan (hajat saya) yang ini dan itu (sambil menyebutkan hajat), maka ampunilah saya atau kabulkanlah (hajat saya).”

Atau bisa memanjatkan doa

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَشْرَبُهُ مُسْتَشْفِيًا بِهِ فَاشْفِنِيْ.

Baca Juga :  Doa Masuk Rumah

Allahumma inni asyrabuhu mustasyfiyan bihi fasyfini

“Wahai Allah, sungguh aku akan meminumnya (air zamzam) dengan meminta kesembuhan lewat perantaranya (air zamzam), maka sembuhkanlah aku.”

Demikianlah salah satu doa yang diajarkan oleh ulama ketika minum air zamzam. Namun bila tidak bisa dengan menggunakan bahasa Arab, maka doa itu bisa dipanjatkan dalam bahasa apa pun, bahkan jika hanya terbersit di dalam hati saja dan doanya pun sesuai kebutuhan dan hajat yang diinginkan.

Wa Allahu a’lam bis shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.