Doa Sahabat Abdullah bin Mas’ud Saat Membuka Pakaian Ketika Hendak Buang Hajat

0
1417

BincangSyariah.Com – Ketika kita hendak masuk ke toilet untuk buang hajat besar, kita dianjurkan untuk mengucapkan doa terlebih dahulu. Begitu juga kita dianjurkan berdoa saat membuka pakaian ketika hendak buang hajat besar. Adapun doa yang dibaca oleh Abdullah bin Mas’ud saat membuka pakaian ketika hendak buang hajat adalah sebagai berikut; (Baca: Adab-adab Buang Hajat dalam Islam)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الرِّجْسِ، وَالنَّجَسِ، وَالْخُبْثِ، وَالْخَبَائِثِ، وَالشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Allohumma innii ‘auudzu bika minar rijsi wan najsi wal khubtsi wal khobaa-itsi wasy syaithonir rojim.

Ya Allah, aku mohon perlindungan kepada-Mu dari sesuatu yang kotor, najis, dari jin laki-laki dan perempuan, dan juga dari setan yang terkutuk.

Doa ini berdasarkan riwayat yang disebutkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam kitab Mushannaf-nya berikut;

عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللَّهِ: إِذَا دَخَلْتَ الْغَائِطَ فَأَرَدْتَ التَّكَشُّفَ فَقُلِ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الرِّجْسِ، وَالنَّجَسِ، وَالْخُبْثِ، وَالْخَبَائِثِ، وَالشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Dari sahabat Abdullah bin Mas’ud, dia berkata bahwa Abdullah bin Mas’ud berkata, ‘jika kamu hendak buang hajat besar dan kamu hendak membuka pakaian, maka bacalah, ‘Allohumma innii ‘auudzu bika minar rijsi wan najsi wal khubtsi wal khobaa-itsi wasy syaithonir rojim (Ya Allah, aku mohon perlindungan kepada-Mu dari sesuatu yang kotor, najis, dari jin laki-laki dan perempuan, dan juga dari setan yang terkutuk).

Baca Juga :  Doa Ketika Hendak Bercelak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here