Doa Manjur Agar Anak Konsisten Salat

0
2023

BincangSyariah.Com – Memiliki anak yang saleh adalah impian setiap orang tua. Saleh dalam berinteraksi dengan sesama manusia serta saleh dalam beribadah kepada Tuhannya. Untuk mewujudkan kesalehan ibadah, setiap orang tua akan membekali anak dengan nilai-nilai keislaman sejak usia dini. Anak akan diajari tata cara salat meliputi bacaan dan gerakan salat seperti takbiratul ihram, rukuk, sujud, tahiyat, dan lain-lain.

Orang tua juga akan menyampaikan pahala bagi pelaku salat dan konsekuensi dosa bagi orang yang meninggalkan salat. Semua ini dilakukan agar anak konsisten untuk menjaga salat di manapun dan kapanpun mereka berada.

Namun demikian, anak tidak selamanya berada dalam pengawasan dan kontrol orang tua. Mereka akan tumbuh, berkembang bersama lingkungan dan teman yang berbeda-beda. Penanaman nilai yang ditanamkan bisa jadi akan tergantikan dengan nilai-nilai yang lain.

Untuk menghindari hal tersebut, terdapat sebuah doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim agar anak dan keturunannya senantiasa melaksanakan salat. Anak dan keturunan Nabi Ibrahim ditakdirkan sebagai para penjaga agama Allah (nabi). Doa ini terdapat dalam Surah Ibrahim: 40 dan berbunyi;

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya; “Ya Tuhanku, Jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat, Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku.”
Wallahu A’lam.

Baca Juga :  Shalat Sambil Menggendong Anak, Bagaimana Hukumnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here