Doa Malam Nisfu Sya’ban

1
52

BincangSyariah.com- Malam nisfu Sya’ban jatuh pada Minggu malam, 28 Maret 2021. Ketika masuk malam nisfu Syaban, sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk berdoa. Darul Ifta Mesir, merilis doa malam nisfu sya’ban. Berikut doa malam nisfu sya’ban;

اللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْهِ، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ، يَا ذَا الطَّوْلِ وَالإِنْعَامِ. لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِئينَ، وَجَارَ الْمُسْتَجِيرِينَ، وَأَمَانَ الْخَائِفِينَ. اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مَطْرُودًا أَوْ مُقَتَّرًا عَلَيَّ فِي الرِّزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِي وَإِقْتَارَ رِزْقِي، وَأَثْبِتْنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ سَعِيدًا مَرْزُوقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ، فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِي كِتَابِكَ الْمُنَزَّلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ: ﴿يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ﴾، إِلَهِي بِالتَّجَلِّي الْأَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ، الَّتِي يُفْرَقُ فِيهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ وَيُبْرَمُ، أَنْ تَكْشِفَ عَنَّا مِنَ الْبَلَاءِ مَا نَعْلَمُ وَمَا لَا نَعْلَمُ وَمَا أَنْتَ بِهِ أَعْلَمُ، إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعَزُّ الْأَكْرَمُ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya; Ya Tuhan ku yang Maha Pemberi,  dan Engkau Tuhan tak butuh. Wahai Tuhan  yang memiliki memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala kenikmatan. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau Tuhan tempat minta pertolongan, dan tempat berlindung orang orang yang dari ketakutan, dan engkau adalah tempat aman dari rasa takut.

Ya Allah, jika  engkau menuliskan catatan ku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka,  atau orang  sial, atau  yang celaksa, dan orang yang sempit rezeki, maka aku mohon hapuskanlah itu Ya Allah.

Ya Allah hapuslah segera di Luh Mahfuz  dengan kemuliaan mu akan kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezeki ku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan

Ya Allah, jika Engkau berkata, maka pasti perkataan Mu adalah suatu kebenaran sebagaimana kitab yang diturunkan  melalui ucapan Rasul utusanMu (Muhammad), (Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki).

Ya Allah dengan tajalli mu yang mulia di malam Nisfu syakban yang mulia ini, yang semua amal kebajikan diangkat pada bulan ini, bahwa engkau jauhkan dari kamu dari segala bala (musibah) dari yang kami ketahui dan yang tak kami ketahui, dan tak ada yang mengetahuinya kecuali Engkau. Engkaulah yang maha agung dan mulia.

Semoga Allah memberikan salawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah Ta’ala.

Selain itu, baca juga doa malam nisfu sya’ban berikut ;

اللّهُمَّ اقْسِمْ لَنا مِنْ خَشْيَتِكَ مايحَوُلُ بَيْنَنا وَبَيْنَ مَعْصِيَتِكَ وَمِنْ طاعَتِكَ ماتُبَلِّغُنا بِهِ رِضْوانَكَ وَمِنَ اليَّقِينِ مايَهُونُ عَلَيْنا بِهِ مُصِيباتُ الدُّنْيا، اللّهُمَّ أَمْتِعْنا بِأَسْماعِنا وَأَبْصارِنا وَقُوَّتِنا ما أَحْيَيْتَنا وَاجْعَلْهُ الوارِثَ مِنَّا وَاجْعَلْ ثأْرَنا عَلى مَنْ ظَلَمَنا وَانْصُرْنا عَلى مَنْ عادانا وَلا تَجْعَلْ مُصِيبَتَنا فِي دِينِنا وَلا تَجْعَلْ الدُّنْيا أَكْبَر هَمِّنا وَلا مَبْلَغَ عِلْمِنا، وَلا تُسَلِّطْ عَلَيْنا مَنْ لا يَرْحَمُنا بِرَحْمَتِكَ ياأَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ .

Artinya;  Ya Allah, Jadikanlah untuk kami rasa takut  kami kepada Engkau, sebagai penghalang dan mencegah kami untuk berbuat berbagai maksiat kepada engkau.

Dan Daku memohon kepada Engkau, anugrahkan kepada kami ketaatan, dengan ketaatan itu kami dapat sampai kepada surga-Mu. Dan anugrahan kepada kami, keyakinan yang dengannya terasa ringan pelbagai musibah  dunia yang menimpa kami.

Dan anugerahkan kepada kami kenikmatan dan manfaat pendengaran, penglihatan, dan kekuatan kepada kami, selama Engkau menghidupkan kami. Jadikanlah semua itu sebagai pewaris dari kami.

Dan Jadikan pula balasan kami kepada orang yang menzalimi kami dengan balasan yang sesuai dengannya. Tolonglah kami terhadap orang-orang yang memusuhi kami. Jangan Engkau jadikan musibah kami menimpa agama kami.

Ya Allah, Jangan Engkau jadikan dunia menjadi tujuan dan hasrat terbesar dalam hidup kami. Jangan sampai dunia menjadi puncak dari tujuan ilmu kami dan puncak pengetahauan kami. Jangan engkau kuasakan kepada kami, orang-orang yang sama sekali tak menyayangi kami.

Demikian penjelasan terkait doa malam nisfu Sya’ban.

(Baca:Khutbah Jumat 2021: Keutamaan Malam Nisfu Syakban)

100%

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here