Doa Makan dari Imam al-Ghazali

0
724

BincangSyariah.Com – Doa merupakan wujud penghambaan seorang hamba kepada Allah. Subtansi dari berdoa ialah supaya seorang hamba mendekatkan diri kepada Allah. Islam mengajarkan umatnya untuk berdoa dimana pun dan kapanpun – baik itu doa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. dan orang-orang saleh atau yang ia panjatkan sendiri.

Imam Abu Hamid Muhammad Al Ghazali (w. 505 H) dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin mengajarkan umat Islam untuk membaca doa ketika akan makan, yakni

الْحَمدُ لِلّٰهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ وَتَنْزِلُ البَرَكَاتُ، اللّٰهُمَّ لَا تَجْعَلْهُ قُوَّةً عَلَى مَعْصِيَتِكَ

Alhamdulillahil ladzi bi ni’matihi tatimmus shalihat wa tanzilul barakat allahumma la taj’alhu quwwatan ‘ala ma‘shiyatik.

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya telah sempurnakan kebaikan dan turunkan keberkahan. Duhai Allah, Janganlah Engkau menjadikannya kekuatan untuk kemaksiatan kepada-Mu”

Dalam doa di atas Imam Al Ghazali mengajarkan bahwasanya Allah Swt. telah menyempurnakan seluruh kenikmatan-Nya kepada hambaNya dengan kebaikanNya, dan Allah menurunkan keberkahanNya di dalam kenikmatan tersebut, maka bersyukurlah akan nikmat itu. Selain itu, memohonlah pertolongan kepada Allah Swt. untuk menjaga diri dari kemaksiatan.

Allah Swt. akan menyempurnakan kebaikan dan menurunkan keberkahan dalam suatu urusan jika sang hamba melibatkan Allah Swt. di dalamnya. Kebaikan dan keberkahan dari Allah Swt. adalah kunci keselamatan dan kebahagian hidup. Dan tanda daripada kebaikan dan keberkahan yang telah diberikan Allah kepada hamba-Nya ialah dijaga atau hamba tersebut dari kemaksiatan.

Baca Juga :  Hukum Menggunakan Perabot Emas dan Perak


BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here