Doa Ketika Wukuf di Arafah

0
373

BincangSyariah.Com – Seseorang yang melaksanakan haji wajib melakukan wukuf di Arafah pada tanggal 9 DzulHijjah. Wukuf di Arafah merupakan rukun haji yang paling utama. Bahkan disebutkan dalam sebuah hadis bahwa Nabi Saw. bersabda, ‘Haji adalah wukuf di Arafah.”

Ketika wukuf di Arafah dianjurkan untuk memperbanyak zikir dan doa kepada Allah. Bahkan Imam Alghazali dalam kitab Ihya’ Ulumiddin menyarankan agar kesibukan utama pada hari Arafah dan ketika wukuf di Arafah adalah doa. Hal ini karena pada hari Arafah, doa sangat dekat untuk dikabulkan oleh Allah.

وليكن اهم اشتغاله في يوم عرفة الدعاء

“Hendaklah kesibukan utama pada hari Arafah adalah berdoa.”

Imam Tirmidzi dalam kitabnya Sunan Attirmidzi meriwayatkan sebuah hadis mengenai doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi Saw. ketika sedang wukuf di Arafah. Hadis tersebut bersumber dari Sayidina Ali, dia berkata;

أَكْثَرُ مَا دَعَا بِهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشِيَّةَ عَرَفَةَ فِي الْمَوْقِفِ : ” اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ كَالَّذِي نَقُولُ وَخَيْرًا مِمَّا نَقُولُ ، اللَّهُمَّ لَكَ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي وَإِلَيْكَ مَآبِي وَلَكَ رَبِّ تُرَاثِي ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَوَسْوَسَةِ الصَّدْرِ وَشَتَاتِ الْأَمْرِ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَجِيءُ بِهِ الرِّيحُ “

“Paling banyak kalimat doa yang dibaca Nabi Saw. ketika wukuf di Arafah adalah;
‘Allahumma lakal hamdu kalladzi naqulu wa khairom mimma naqulu, allahumma sholati wa nusuki wa mahyaya wa mamati wa ilaika ma-abi wa laka rabbi turatsi, allahumma inni a’uzu bika min ‘azabil qobri wa waswasatis shodri wa syatatil amri, allahumma inni a’uzu bika min syarrima taji-u bihir rihu.

Ya Allah, bag-iMu pujian seperti yang kami ucapkan, dan lebih baik dari apa yang kami ucapkan. Ya Allah, untuk-Mu salatku, ibadah hajiku, untuk-Mu kehidupanku dan kematianku dan kepada-Mu kami akan kembali, untuk-Mu kami tunjukkan ibadahku. Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari siksa neraka, dari hati yang ragu dan dari tercerai berainya urusan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari yang terburuk yang didatangkan oleh angin.’”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.