Doa Ketika Mendengar Cerita Mimpi Orang Lain

0
247

BincangSyariah.Com – Mimpi merupakan sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur. Ibnu Sirin dalam kitabnya Muntakhabul Kalam fii Tafsir al-Ahlam menjelaskan bahwa mimpi terbagi menjadi dua, mimpi haqq dan mimpi bathil. Mimpi haq adalah mimpi yang dialami oleh seseorang dalam keadaan pembawaan dan cuaca yang stabil, tidur tanpa beban pikiran, tidak sedang berangan-angan sesuatu yang dimimpikan, serta tidak tidur dalam keadaan haid atau junub. Sedangkan mimpi bathil adalah mimpi yang didahului dengan bisikan jiwa, keinginan serta angan-angan akan sesuatu yang dimimpikan dan hal tersebut tidak butuh terhadap penafsiran.

Dalam kitab Al-Adzkar, Imam Nawawi menyebutkan bahwa ketika kita mendengar cerita mimpi orang lain, maka kita dianjurkan untuk membaca doa berikut;

خَيْرًا رَأَيْتَ وَخَيْرًا يَكُوْنُ خَيْرًا تَلْقَاهُ وَشَرًّا تُوْقَاهُ خَيْرًا لَنَا وَشَرَّا عَلَى اَعْدَائِنَا وَاْلحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ

Khoiron roaita wa khoiron yakunu khoiron talqohu wa syarron tuqohu khoiron lana wa syarron ‘ala a’da-ina walhamdu lillahi robbil ‘alamina.

Kebaikan yang kamu lihat dan kebaikan yang akan ditemui, kebaikan yang kamu jumpai dan keburukan yang kamu terlindungi darinya, kebaikan bagi kita dan keburukan atas musuh-musush kita. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Baca Juga :  Lakukan Dua Hal Ini Ketika Akan Menempati Rumah Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here