Doa Ketika Mendapatkan Kebaikan dari Orang Lain

2
1430

BincangSyariah.Com – Sebagai manusia, sudah seharusnyakita saling tolong menolong  hidup ini. Terkadang kita berada di posisi orang yang memberikan kebiakan, tetapi terkadang kita juga dalam posisi orang yang ditolong dengan kebaikan orang lain. Dalam kehidupan nyata, agama Islam  memang merupakan ruh bagi seluruh umat muslim, karena pada dasarnya agama Islam selalu mengajarkan kebaikan kepada umatnya, baik hubungan manusia dengan Tuhan, maupun hubungan manusia dengan sesama manusia. Islam juga mengatur hal demikian sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an, surat At-Taubah ayat 71 :

وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebagian yang lain.

Ayat di atas menjelaskan bahwa umat Islam diperintahkan oleh Allah untuk menjadi penolong bagi orang lain, memberikan kebaikan kepada orang lain yang memerlukan dan Allah menjanjikan rahmatNya kepada manusia yang menjalankan segala perintahNya, sungguh Allah SWT Maha Perkasa dan Maha Bijaksana.

Saat ditolong orang lain, saat kita mendapatkan kebaikan orang lain, sudah seharusnya kita mengingat kebaikan hati orang tersebut. mengingat kebaikan orang tersebut tidak hanya dalam benak saja, melainkan bisa dalam bentuk balas budi di lain hari. Atau dengan cara gampangnya, kita bisa memberikan doa terbaik untuknya.

Dalam Islam, tertulis dalam dalam kitab Shahihul Jami, disebutkan sebuah doa yang yang layak dibaca ketika kita mendapatkan kebaikan dari orang lain. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

jazakallahu khairon

Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”. (HR. At-Tirmidzi)

Doa di atas bisa dijadikan bacaan harian setiap muslim, karena memang kebaikan orang lain sering hadir dalam waktu-waktu yang tak disangka sebelumnya. Mendoakan seseorang yang telah berbuat baik kepada kita adalah merupakan hal pertama yang perlu dilakukan. Doa tersebut bukti dari ketulusan hati yang fitrah dan bentuk rasa syukur kepada Allah, yang telah mengirimkan sebuah kebaikan melalui orang tersebut. semoga doa tersebut bisa menjadi kado indah untuk seseorang yang telah memberikan kebaikan kepada kita. Amin

Baca Juga :  Doa Ketika Mencari Barang yang Hilang

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here