Doa Ketika Mencium Parfum dan Wewangian

0
45

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, kita dianjurkan untuk senantiasa memakai parfum dan minyak wangi, terutama ketika hendak beribadah dan menghadiri tempat perkumpulan, seperti hendak melaksanakan shalat Jumat, shalat ‘Id dan lainnya. Dan ketika memakai parfum dan minyak wangi, kita dianjurkan untuk membaca basmalah dan berdoa. (Baca: Parfum dengan Campuran Alkohol, Najiskah?)

Begitu juga dianjurkan berdoa ketika kita mencium bau wewangian. Lafadz doanya adalah sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ كَمَا اَنْعَمْتَ فَزِدْ وَلاَ عَيْشَ اِلاَّ عَيْشُ اْلاَخِرَةِ

Allohumma kamaa an’amta fazid wa laa ‘aisya illaa ‘aisyul aakhiroti.

Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memberi nikmat, maka tambahilah. Tidak ada kehidupan kecuali kehidupan akhirat.

Doa ini sebagaimana disebutkan oleh Habib Zain bin Sumaith dalam kitab Al-Nujum Al-Zahirah fi Al-Azkar berikut;

قال سيدنا الامام احمد بن حسين العطاس رضي الله عنه: اجازني الحبيب محمد بن زين با عبود ان اقول عند شم الطيب:اَللَّهُمَّ كَمَا اَنْعَمْتَ فَزِدْ وَلاَ عَيْشَ اِلاَّ عَيْشُ اْلاَخِرَةِ. وهو يروي ذلك عن شيخه الحبيب احمد بن عمر بن سميط وقال: روي عن النبي صلى الله عليه وسلم: ان من قالها عند شم الطيب غفر له ما تقدم من ذنبه وما تاخر

Sayid Ahmad bin Husain Al-Aththas berkata; Habib Muhammad bin Zain Baabud memberikan ijazah kepadaku agar aku mengucapkan ketika mencium bau wewangian; Allohumma kamaa an’amta fazid wa laa ‘aisya illaa ‘aisyul aakhiroti. Beliau meriwayatkan dari gurunya Habib Ahmad bin Umar bin Sumaith, dia berkata; Diriwayatkan dari Nabi Saw bahwa seseorang yang membaca doa tersebut saat mencium bau wewangian, maka dosanya diampuni baik yang sudah lewat dan yang akan datang.

Baca Juga :  Doa Agar Hati Bersatu dengan Kebenaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here