Doa Ketika Meminyaki dan Menyisir Rambut

0
1366

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, kita dianjurkan untuk senantiasa merapikan atau menyisir rambut dengan dibasahi dengan minyak rambut dan disisirnya dengan baik. Bahkan Nabi Saw pernah menegur seseorang yang keadaan rambutnya acak-acakan.

Disebutkan dalam sebuah hadis riwayat Imam Abu Daud dan Nasa’i dari Jabir bin Abdillah, dia berkisah bahwa Rasulullah mendatangiku:

أَتَانَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَأَى رَجُلاً شَعِثًا قَدْ تَفَرَّقَ شَعْرُهُ فَقَالَ  أَمَا كَانَ يَجِدُ هَذَا مَا يُسَكِّنُ بِهِ شَعْرَهُ. وَرَأَى رَجُلاً آخَرَ وَعَلَيْهِ ثِيَابٌ وَسِخَةٌ فَقَالَ  أَمَا كَانَ هَذَا يَجِدُ مَاءً يَغْسِلُ بِهِ ثَوْبَهُ

Rasulullah Saw pernah mendatangi kami dan beliau melihat seorang lelaki yang acak-acakan rambutnya. Rasulullah Saw bersabda, ‘Tidakkah orang ini mendapatkan sesuatu untuk merapikan rambutnya?’ Kemudian beliau melihat seorang lelaki yang kotor pakaiannya. Beliau bersabda, ‘Tidakkah orang ini mendapatkan air untuk mencuci pakaiannya?

Adapun doa sebelum meminyaki dan menyisir rambut adalah sebagai berikut;

بسم الله الرحمن الرحيم

Bismillahir rohmanir rohim.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Doa ini berdasarkan hadis riwayat Ibnu Sunni dari Duwaid bin Nafi’ Al-Qurasyi, dia berkata;

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنِ ادَّهَنَ وَلَمْ يُسَمِّ ادَّهَنَ مَعَهُ سَبْعُونَ شَيْطَانًا

Rasulullah Saw bersabda; ‘Barangsiapa meminyaki rambut dan tidak menyebut nama Allah, maka 70 setan bergabung meminyaki rambut bersamanya. 

Baca Juga :  Niat Shalat Hajat Lengkap Latin dan Terjemahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here