Doa Ketika Membasuh Kedua Telinga saat Wudhu

1
6645

BincangSyariah.Com – Imam Nawawi dalam kitab Al-Azkar menjelaskan bahwa ketika membasuh kedua telinga saat wudhu disunnahkan membaca doa berikut ini

اللهم اجعلني من الذين يستمعون القول فيتبعون أحسنه

Allaahummaj ‘al nii minal ladziina yastami’uunal qawla fa yattabi’uuna ahsanahu.

Artinya; “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mendengarkan perkataan, kemudian mengikuti apa yang baik darinya.”

Telinga yang dibasahi air wudhu, menurut sabda Nabi, kelak akan terlihat bercahaya di akhirat. Maka dengan perantara air wudhu, para ulama fikih menganjurkan agar umat islam berdoa setiap membasuh kedua telinganya agar mampu mendengarkan hal-hal baik. Sebab telinga adalah pintu utama bagi hati dalam mendengar nasehat yang baik.

Jadi, meski tidak berasal dari hadis Nabi, jelas Imam Nawawi, doa-doa yang diajarkan para ulama fikih saat membasuh anggota wudhu ini sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah. Sebagaimana sabda Rasul, bahwa setiap anggota wudhu akan terlihat bersinar pada hari kiamat dan menjadi bukti di hadapan-Nya kelak.

Baca Juga :  Doa Nabi Musa Agar Dilancarkan Berdakwah dengan Lawan Bicara

1 KOMENTAR

  1. […] Dalam kitab yang beliau dedikasikan bagi orang-orang yang berharap mendapat hidayah tersebut, Imam Ghazali menegaskan bahwa bukan hanya mata yang bisa buta dari melihat hidayah, begitu pula telinga bisa tuli sehingga ia tidak bisa mendengar hidayah yang disampaikan padanya. Hal tersebut karena telinganya sudah terbiasa mendengar hal-hal yang buruk dan tercela. (Baca: Doa Ketika Membasuh Kedua Telinga saat Wudhu) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here