Doa Ketika Membasuh Kedua Tangan Hingga Siku saat Wudhu

0
1688

BincangSyariah.Com – Imam Nawawi dalam kitab Al-Azkar menjelaskan bahwa saat berwudhu disunnahkan membaca doa berikut ini ketika membasuh kedua tangan hingga siku-siku

اللهم أعطني كتابي بيميني، اللهم لا تعطي كتابي بشمالي

Allaahumma a’thinii kitaabii bi yamiini, allaahumma laa tu’thinii kitaabii bi syimaali.

Artinya; “Ya Allah berikanlah buku catatan amalku dengan tangan kananku, ya Allah janganlah Engkau berikan buku catatan amalku dengan tangan kiri.”

Meski tidak berasal dari hadis Nabi, jelas Imam Nawawi, para ulama salaf menganjurkan membaca doa tersebut ketika membasuh tangan saat wudhu. Doa-doa yang diajarkan para ulama saat membasuh anggota wudhu ini memiliki keterkaitan dengan yang diajarkan oleh Rasulullah.

Para ulama salaf menganjurkan berdoa setiap kali membasuh kedua tangan dengan doa tersebut. Agar ketika di hari kiamat kelak, tangan yang basah karena air wudhu ini menjadi saksi di hadapan-Nya. Sebagaimana penjelasan Rasul dalam sebuah hadis, bahwa catatan amal orang-orang saleh yang akan diberikan dengan tangan kanannya kelak di Hari Perhitungan. Serta orang-orang yang enggan mentaati perintah-Nya akan menerima catatan amal dengan tangan kirinya. Wallahu’alam.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here