Doa Ketika Melihat Orang Lain Mengakui Kesalahannya

0
1085

BincangSyariah.Com – Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa setiap orang pasti berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang yang mau bertaubat dari kesalahannya. Oleh karena itu, jika kita melihat dan menyaksikan orang sedang mengakui kesalahannya dan bertaubat darinya, maka kita harus senang dan mendoakan kebaikan padanya. Di antara doa yang dianjurkan ketika melihat orang lain mengakui kesalahannya dan bertaubat adalah sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ تُبْ عَلَيْهِ اَللَّهُمَّ تُبْ عَلَيْهِ

Allohumma tub ‘alaihi allohumma tub ‘alaihi.

Ya Allah, terimalah taubatnya. Ya Allah, terimalah taubatnya.

Doa ini berdasarkan hadis riwayat Al-Darimi dari Abu Umayyah Al-Makhzumi, dia berkata;

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم أتي بسارق اعترف اعترافا ، لم يوجد معه متاع ، فقال : ما إخالك سرقت؟ قال : بلى ، قال : ما إخالك سرقت؟ قال : بلى ، قال : فاذهبوا فاقطعوا يده ، ثم جيئوا به ، فقطعوا يده ، ثم جاؤوا به ، فقال : استغفر الله وتب إليه ، فقال : أستغفر الله وأتوب إليه ، فقال : اللهم تب عليه ، اللهم تب عليه .

Rasulullah Saw pernah didatangkan seorang pencuri yang telah mengaku namun tidak ditemukan barang curian padanya. Rasulullah Saw bertanya; ‘Benar kamu telah mencuri? Dia menjawab; Iya, benar. Rasulullah bertanya lagi; ‘Benar kamu telah mencuri? Dia menjawab; Iya benar.’ (Baca: Merasa Banyak Dosa? Saat Hendak Shalat Taubat Disunahkan Mandi Dulu)

Kemudian Rasulullah Saw berkata; Pergilah kalian dan potong tangannya. Kemudian mereka pergi dan memotong tangannya dan mereka membawanya ke Rasulullah Saw. Rasulullah Saw berkata; ‘Minta ampunlah kepda Allah dan bertaubatlah kepadanya. Kemudian dia berucap; Saya memohon ampun kepada Allah dan saya bertaubat padanya. Lalu Rasulullah berkata; Ya Allah, terimalah taubatnya. Ya Allah terimalah taubatnya.

Baca Juga :  Doa Selamat Ibnu Arabi Arab, Latin, dan Terjemahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here