Doa Nabi Ketika Melihat Makanan Dihidangkan

0
890

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, ketika kita hendak makan dan minum, kita sangat dianjurkan untuk berdoa. Selain itu kita juga dianjurkan memanjatkan syukur kepada Allah. Ini karena kita sudah diberi kesempatan merasakan nikmat makanan dan minuman tersebut. Bahkan ketika melihat makanan dihidangkan pun kita juga dianjurkan untuk berdoa kepada-Nya.

Adapun doa yang dibaca oleh Nabi Saw ketika melihat makanan dihidangkan dan sudah tersaji di hadapan beliau, adalah sebagai berikut;

بِسْمِ اللهِ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا نِعْمَةً مَشْكُوْرَةً تَصِلُ بهِاَ نِعْمَةَ اْلجَنَّةِ

Bismillah. Allohummaj’alhaa ni’matan masykuurotan tashilu bihaa ni’matal jannati.

Dengan menyebut nama Allah. Ya Allah, jadikan makanan dihidangkan ini sebagai nikmat yang disyukuri yang bisa mengantarkan pada kenikmatan surga. (Baca: Riwayat-Riwayat Tentang Makanan di Masa Rasulullah)

Doa ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumiddin berikut;

كان – صلى الله عليه وسلم – يأكل ما وجد وإذا وضعت المائدة قال بسم الله اللهم اجعلها نعمة مشكورة تصل بها نعمة الجنة وكان لا يأكل الحار ويقول إن الله لم يطعمنا نارا فأبردوه وكان يأكل مما يليه

Nabi Saw senantiasa makan makanan yang ada, dan ketika makanan dihidangkan, beliau mengucapkan; Bismillah. Allohummaj’alhaa ni’matan masykuurotan tashilu bihaa ni’matal jannati. Beliau tidak makan makanan yang masih panas, dan beliau bersabda; Sesungguhnya Allah tidak memberi kita makanan api, maka hendaknya kalian mendinginkannya. Beliau makan apa yang ada di hadapannya.

Baca Juga :  Zikir dengan Jaminan Masuk Surga yang Diajarkan Rasulullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here