Doa Ketika Hendak Memulai Uzlah

0
202

BincangSyariah.Com – Uzlah dalam tradisi sufi diartikan sebagai bentuk pengasingan diri dari keramaian menuju kesunyian untuk bertafakkur dan mendekatkan diri pada Allah. Untuk saat ini, para ulama mengartikan uzlah sebagai tindakan yang mengarah terhadap konsistensi menjaga kewajiban, konsistensi menjauhi perkara yang dilarang, mengerjakan kesunnahan semampunya, menyuruh kepada yang baik, mencegah perkara mungkar, menolong yang lemah, menebarkan kebaikan, dan hal-hal baik lainnya. (Baca: Menjadi Sufi di Era Milenial, Mari Mengenal Arti “Uzlah” dan “Riyadah”)

Karena menjalani uzlah sangat sulit dan membutuhkan pengorbanan lahir dan batin, ketika seseorang hendak menjalani uzlah, maka dia perlu banyak berdoa dan bertawakkal kepada Allah. Di antara doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh Syaikh Abu Al-Hasan Al-Syadizili ketika seseorang hendak memulai uzlah adalah doa sebagai berikut;

بِسْمِ اللهِ وَبِاللهِ وَمِنَ اللهِ وَاِلَى اللهِ وَعَلَى اللهِ فَلْيَتَوَكَّلِ اْلمُتَوَكِّلُوْنَ

Bismillaah, wa billaah wa ilallaah, wa ‘alallaahi fal yatawakkalil mutawakkilun. (Baca: Uzlah dalam Konteks Kekinian)

Dengan menyebut nama Allah, dengan pertolongan Allah, dari Allah, menuju Allah dan hanya kepada Allah hendaknya bertawakkal orang-orang yang bertawakkal.

Dalam kitab Risalatul Amin fi Al-Wushul ila Robbi Al-‘Alamin, Syaikh Abu Al-Hasan Al-Syadzili berkata sebagai berikut;

عند الدخول في العزلة فاستمسك بها ولا تعجل في شيئ من امورك وقل: بِسْمِ اللهِ وَبِاللهِ وَمِنَ اللهِ وَاِلَى اللهِ وَعَلَى اللهِ فَلْيَتَوَكَّلِ اْلمُتَوَكِّلُوْنَ

Ketika masuk dalam uzlah, maka hendaknya kamu berpegang padanya dan jangan kamu tergesa-gesa dalam masalah urusanmu, dan katakanlah; Bismillaah, wa billaah wa ilallaah, wa ‘alallaahi fal yatawakkalil mutawakkilun (Baca: Mengapa Nabi Muhammad Terima Wahyu di Gua, Bukan di Masjid? Ini Kata Buya Syakur)

Baca Juga :  Doa Nabi Yusuf Agar Selamat dari Fitnah dan Hawa Nafsu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here