Doa Ketika Hendak Membaca Buku dan Kitab

0
44

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, ketika kita hendak mengerjakan sesuatu, kita dianjurkan setidaknya membaca basmalah terlebih dahulu. Namun lebih baik lagi jika setelah membaca basmalah disempurnakan dengan berdoa kepada Allah agar diberi kemudahan dan keberkahan dalam mengerjakan sesuatu tersebut.

Di antara yang dianjurkan membaca basmalah dan berdoa adalah ketika hendak membaca buku atau kitab. Dalam kitab Al-Nujum Al-Zahirah fi Al-Azkar, Habib Zain bin Sumaith menyebutkan bahwa agar kita cepat paham dan tidak mudah lupa terhadap apa yang kita baca, kita dianjurkan untuk membaca doa berikut ketika hendak membaca buku dan kitab;

اَللَّهُمَّ يَا مَنْ مَقَالِيْدُ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَا بِيَدِهِ وَاِلَيْهِ يَرْجِعُ اْلاَمْرُ كُلُّهُ يَا فَتَّاحُ يَا عَلِيْمُ اِفْتَحْ عَلَيَّ فَتْحًا قَرِيْبًا يَا فَتَّاحُ يَا عَلِيْمُ يَا فَتَّاحُ يَا عَلِيْمُ

Allohumma yaa man maqooliidul umuuri kullihaa biyadihii wa ilaihi yarji’ul amru kulluh. Yaa fattaahu yaa ‘aliimu iftah ‘alayya fathan qoriiban. Yaa fattaahu yaa ‘aliimu. Yaa fattaahu yaa ‘aliimu. (Baca: Doa Ketika Mengambil Kitab atau Buku)

Ya Allah, wahai Zat yang mana semua kunci segala perkara berada dalam kekuasaan-Nya dan kepada-Nya segala urusan kembali. Wahai Zat Pembuka Hati, wahai Zat Yang Maha Mengetahui, bukalah hatiku dengan pembukaan yang dekat. Wahai Zat Pembuka Hati, wahai Zat Yang Maha Mengetahui. Wahai Zat Pembuka Hati, wahai Zat Yang Maha Mengetahui.

Baca Juga :  Kangen Mimpi Bertemu Nabi? Baca Shalawat ‘Adzimiyah Ini Setiap Subuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here