Doa Ketika Berangkat Mengajar

0
500

BincangSyariah.Com – Mengajar pada dasarnya merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi atau sistem lingkungan yang mendukung dan memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar. Jika belajar dikatakan milik siswa, maka mengajar sebagai kegiatan guru. Mengajar adalah menyampaikan pengetahuan pada anak didik.

Namun Imam Ghazali dalam Ihya Ulumuddin memberikan pandangan mengajar pada satu hal yang menekankan pada aspek pembinaan moral yang mengacu pada baik buruknya manusia sebagai manusai yang berkaitan dengan nila-nilai susila serta berhubungan denga larangan dan tindakan yang membicarakan benar atau salah.

Alhasil, mengajar adalah satu hal mulia yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mampu mengembangkan manusai seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Tak heran jika Rasulullah menitahkan kita untuk menuntut ilmu, sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah:

عْنْ اَنَسٍ اِبْنُ مَالِكٍ قَلَ قَالَ رَسُوْل الله صلى الله عليه وسلـم  طَلَبُ الْعِلْم فَرْيْضَةً عَلى كُلّ مُسْلِمٍ ووضِعً العِلْمِ عِنْدَ غَيْرُأهْلِهِ كَمُقِلِّدِ الْخَنَا زِيْرِ لْجَوْهَرَولَلؤْلُؤَ وَالذَّهَبَ

Dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah saw, bersabda: Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim, memberikan ilmu kepada orang yang bukan ahlinya seperti orang yang mengalungi babi dengan permata, mutiara, atau emas” (HR.Ibnu Majah) (Doa Sebelum Memulai Belajar)

Dengan adanya titahan yang demikian, tentu membuat orang-orang berlomba untuk terus meneruskan pencarian ilmu. dalam hal ini tentu tidak semuanya menjadi murid, namun juga ada yang berperan menjadi guru yang tugasnya mengajarkan. Mungkin sebagian orang menganggap pekerjaan mengajar itu hanyala penyambung hidup saja, sebab gajinya yang tak seberapa.

Namun tahukah jika sang pengajar itu akan diberikan balasan oleh Allah memberi balasan untuk pengajar yang mengajar dan mendidik kebaikan dan pelajarana yang bermanfaat, sama seperti orang-orang yang melakukannya? Ya, balasan Allah yang istimewa tersebut pernah disabdakan Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ibnu Mas’ud dalam kitab Faidul Qadir.

Untuk memulai tugas yang mulia (mengajar), tentu belum sempurna jika tidak dimulai dengan doa yang baik pula. Dalam kitab Tadzkiratus Saami’ Wal Mutakallim karya Ibn Jama’ah Al Kinani menyebutkan sebuah doa yang sangat baik jika dipanjtkan ketika hendak berangkat mengaar. Adapun doa tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Kiai Shaleh Darat Ajarkan Bacaan Tasbih yang Dibaca di Bulan Rajab

اللهم أعوذبك أن أضل أو أضل أو أزل أو أزل أو أظلم أو أظلم أو أجهل أو يجهل علي

Allahumma a’udzubika an adhilla aw adhalla aw azilla aw uzalla aw adzlima aw udzlima aw ajhala aw yujhala alayya

Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari ketersesatan atau disesatkan, tergelincir atau digelincirkan, mendzalimi atau didzalimi, membodohi atau dibodohi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here