Doa Ketika Bangun di Waktu Malam Karena Diganggu Hewan

0
10

BincangSyariah.Com – Ada doa khusus ketika bangun di waktu malam karena diganggu hewan. Ketika kita tidur di waktu malam, terkadang kita terbangun karena diganggu oleh hewan tertentu, seperti diganggu oleh nyamuk atau hewan lainnya.

Dalam Islam, ketika kita terbangun di waktu malam karena diganggu hewan, maka kita harusnya bersyukur kepada Allah karena kita bisa beribadah kepada-Nya, bukan justru melaknat hewan tersebut.

Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa ketika Rasulullah Saw terbangun karena diganggu oleh hewan, beliau mendoakan keberkahan untuk hewan tersebut karena telah membangunkan dirinya untuk bisa melaksanakan shalat malam.

Lafadz doa yang dibaca oleh beliau adalah sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ هَذِهِ الدَّابَّةِ الَّتِيْ اَيْقَظَتْنَا لِلصَّلاَةِ

Allohumma baarik lanaa fii hadzihid dabbatil latii aiqozhotnaa lish shollah.

Ya Allah, berilah keberkahan kepada kami di dalam hewan ini yang telah membangunkan kami untuk melaksanakan shalat.

Doa ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Musnad ‘Aisyah dan kitab Kanzul ‘Ummal berikut;

عن عائشة رضي الله عنها قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: اللهم بارك لنا في هذه الدابة التي ايقظتنا للصلاة يعني البرغوث

Dari Sayidah Aisyah, dia berkata bahwa Rasulullah Saw pernah mengucapkan: Allohumma baarik lanaa fii hadzihid dabbatil latii aiqozhotnaa lish shollah (Ya Allah, berilah keberkahan kepada kami di dalam hewan ini yang telah membangunkan kami untuk melaksanakan shalat). Yang dimaksud hewan itu adalah kutu.

Demikian artikel tentang doa khusus ketika bangun di waktu malam karena diganggu hewan. Semoga, kita tak lupa membaca doa ketika bangun di waktu malam karena diganggu hewan saat mendapat gangguan hewan.

(Baca: Doa Bangun Tidur Karena Mengigau)

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here