Doa Ketika Ada Orang yang Menyatakan Cinta Sesuai Sunnah Rasulullah

1
1959

BincangSyariah.Com – Kita seringkali mendengar ungkapan aku mencintaimu karena Allah. Cinta di sini bisa berupa ketertarikan pada lawan jenis atau ekspresi pertemanan yang begitu dekat. Oleh karena itu, ungkapan ini terkadang diungkapkan oleh seorang lelaki pada perempuan, perempuan pada perempuan, atau lelaki pada lelaki. Saat ada yang bilang aku mencintaimu karena Allah, lantas bagaimana kita menjawabnya? Rasulullah mengajarkan doa pada orang yang menyatakan cinta tersebut sebagai berikut: (Baca: Cintailah Semua Manusia, Tapi Jangan Sedih Kalau Kecewa)

أحبك الذي أحببتني له

Ahabbakal ladzi ahbabtani lahu

Semoga Allah mencintai kamu yang cinta kepadaku karena-Nya

Doa ini diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik sebagai berikut:

عن أنس بن مالك رضي الله عنه: «أن رجلا كان عند النبي صلى الله عليه وسلم فمر به رجل، فقال: يا رسول الله إني لأحب هذا، فقال له النبي صلى الله عليه وسلم: أعلمته؟ قال: لا. قال: أعلمه. قال: فلحقه، فقال: إني أحبك في الله، فقال: أحبك الذي أحببتني له» . رواه أبو داود (5125) .

Diriwayatkan dari Anas bin Malik yang menceritakan bahwa seorang lelaki berada di dekat Rasulullah. Kemudian ada lelaki lain yang menghampirinya. Dia (lelaki yang pertama) bilang pada Rasulullah, “Rasul, saya mencintai orang ini (lelaki kedua).” “Apakah kamu mengenalnya?” tanya Rasulullah pada lelaki yang pertama tadi. “Tidak,” jawab lelaki itu. “Ya sudah, kenalan sana,” perintah Rasulullah. Lelaki itu pun mendekati temannya yang belum ia kenal dan bilang, Aku itu sungguh mencintaimu karena Allah.”  “Semoga Allah mencintai kamu yang cinta kepadaku karena-Nya,” jawabnya.

Menurut Syekh al-Arnaut, kualitas hadis ini shahih. Hadis ini diriwayatkan dalam beberapa kitab hadis lainnya, seperti Musnad Ahmad, al-Tarikh al-Kabir karya Imam al-Bukhari, al-Ja’diyat karya Imam al-Baghawi, ‘Amalaul Yaum wal Lailah karya Ibnu al-Sunni, al-Mustadrak karya Imam al-Hakim, Syu’abul Iman karya Imam al-Baihaqi, dan sebagainya.

Baca Juga :  Saat Niat Salah Sebutkan Jumlah Rakaat, Apakah Shalat Sah?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here