Doa Iftitah yang Dibaca Rasulullah, Lengkap Latin dan Terjemahan

2
3727

BincangSyariah.Com – Doa iftitah adalah doa pembuka yang dibaca saat shalat sebelum seseorang memulai membaca surah Al-Fatihah. Paling tidak terdapat lima versi bacaan doa iftitah yang bersumber dari Rasulullah yang disampaikan oleh beberapa keluarga beliau dan para sahabatnya (Baca: Macam-macam Doa Ifititah dalam Hadis Nabi). Namun, dari sekian banyak bacaan riwayat, doa iftitah yang bersumber dari sahabat Ali lah yang seringkali dibaca masyarakat Muslim pada umumnya. Adapun doa yang dimaksud adalah sebagai berikut.

اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا. اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Allohu akbar kabiro wal hamdu lillahi katsiro, wa subhanallohi bukrotaw wa ashila inni wajjahtu wajhiya lilladzi fatharos samawati wal ardho hanifam muslimaw wa ma ana minal musyrikin. Inna sholati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi robbil ‘alamin. La syarika lahu wa bidzalika umirtu wa ana minal muslimin.

Artinya: 

Saya hadapkan wajahku pada Dzat yang Maha Menciptakan langit serta bumi sebagai seorang muslim yang ikhlas dan aku bukanlah termasuk dari golongan orang-orang musyrik. Sungguh shalatku dan sembelihanku dan hidupku serta matiku, hanya untuk Allah Tuhan semesta alam. Tiada sekutu untuk-Nya. Oleh sebab itu saya patuh pada perintah-perinyah Nya, dan saya termasuk dari golongan orang-orang yang aku berserah diri. Ya Rabb, Engkaulah Dzat yang Maha Penguasa.

Tiada Tuhan selain engkau Tuhanku, dan aku hamba-Mu, aku telah zalim dan aku mengakui dosa-dosaku, maka ampunilah semua dosaku karena sesungguhnya tidak ada yang mampu memberi ampun kecuali Engkau, jauhkan dariku keburukan karena tidak ada yang mempu menjauhkannya kecuali Engkau,semua kebahagiaan dan kebaikan semua berada pada tanganMu dan keburukan bukan karena-Mu, hanya pada-Mu aku berharap dan berserah, Maha Baik dan Maha Mulia Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat pada-Mu (HR. Muslim dan Nasai)

Baca Juga :  Doa Sebelum dan Sesudah Minum

2 KOMENTAR

  1. Apakah sudah berdasarkan penelitian yang akurat… yaitu kata….INNII pada WAJJAHTU WAJHIYA….adalah benar dari lidah BAGINDA JUNJUNGAN ‘ALAM SEMESTA : NABI DAN RASUL AKHIR ZAMAN.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here