Doa Berlindung dari Keburukan Perilaku

0
2647

BincangSyariah.Com – Setiap manusia akan mendapatkan balasan untuk setiap perilaku yang telah dilakukan di dunia. Amal kebaikan tidak disia-siakan dan amal keburukan tidak dilupakan. Prinsip  seperti itu menunjukkan keadilanNya kepada setiap makhluk. Oleh sebab itu, sebisa mungkin kita berusaha meminimalisasi keburukan perilaku yang bisa mengakibatkan kerugian di kehidupan esok. Sebab sekecil apapun keburukan amalnya, kita akan menuai balasannya.

ومنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شرا يَرَه

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Ayat di atas bisa menghadirkan rasa takut kepada Allah ketika kita berusaha melanggar aturan-Nya atau berbuat amal buruk sekalipun. Kita mengerti  bahwa jika kita melakukan keburukan amal niscaya akan mendapat pembalasan dari keburukan amal tersebut. Dan tidak ada yang bisa menolong kita dari keterpurukan amal buruk tersebut selain Allah.

Dengan begitu, selalu memohon perlindungan kepada Allah dari keburukan Allah adalah salah satu cara cerdas agar kita terhindarkan dari berbagai macam amal yang buruk dalam kehidupan kita. Amal buruk tidak perlu niat yang tulus dari dalam hati seseorang, sering kali kita melakukannya karena terbawa arus atau keadaan yang terpaksa. Sebab itulah jauh sebelum kita terbawa, terpaksa atau memang ada kemauan melakukan amal buruk tersebut, kita minta pertolongan Allah untuk terus menjaga kita dari keburukan amal tersebut.

Rasulullah juga  meminta perlindungan kepada-Nya dari berbagai keburukan amal, padahal beliau sudah pasti dijaga oleh Allah. Di sini kita bisa mengerti betapa pentingnya memohon perlindungan agar kita diselamatkan dari keburukan amal di dunia. Salah satu doa yang biasa dipanjatkan oleh Rasulullah dalam memohon perlindungan tersebut adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Doa Ketika Terdapat Luka di Tubuh Agar Cepat Sembuh

اللهم اني أعوذبك من شر ما عملت ومن شر ما لم أعمل

Allahumma inni a’uzubika min syarri maa amiltu wa min syarri maa lam a’mal

Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari keburukan sesuatu yang telah aku perbuat dan dari keburukan yang belum aku perbuat (HR. Muslim).

Doa tersebut bisa kita jadikan doa harian yang diulang-ulang dalam setiap pembacaan doa seteah salat. Doa yang menghantarkan kita menjadi orang yang dijauhkan dari berbagai macam keburukan amal dalam kehidupan. Dan semoga kita selalu terjaga dan dijaga oleh-Nya. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here