Doa Al-Qur’an: Doa Memohon Husnul Khotimah

0
1866

BincangSyariah.Com – Adakah doa memohon husnul khotimah dalam Al-Qur’an? Setiap muslim pasti menyetujui bahwa wafat dalam keadaan husnul khotimah. Wafat dalam keadaan muslim, tidak sedang berbuat maksiat dan kelak di akhirat bertemu dengan orang-orang sholeh, yaitu ulama dan para Nabi. Selain senantiasa terus berbuat kebaikan dan menjalankan syariat Islam dengan benar, seorang muslim juga sebaiknya berdoa, memohon kepada Allah. Dan sebaiknya doa yang dilafalkan adalah doa yang termaktub dalam Alquran dan telah diajarkan oleh para Nabi. Dikisahkan dalam tafsir al-Quran al-Adzim karya Ibnu Katsir bahwa saat Nabi Yusuf bertemu dengan saudara-saudaranya setelah sekian lamanya berpisah, beliau memanjatkan doa yang tercantum dalam surat Yusuf ayat 101:

فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ اَنْتَ وَلِيّٖ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۚ تَوَفَّنِيْ مُسْلِمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ

(Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang yang saleh.”

Dalam sebuah hadis dari Aisyah Ra, bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw mengangkat jari-jarinya ketika sakaratul maut sembari berdoa:

اللهُمَّ فِى الرَفِيْقِ الْأعْلَى، اللهُمَّ فِى الرَفِيْقِ الْأعْلَى، اللهُمَّ فِى الرَفِيْقِ الْأعْلَى – رواه البخاري و مسلم

Makna doa tersebut ialah Nabi memohon agar kelak di akhirat dikumpulkan bersama orang-orang sholih.

Dalam kitabnya, Ibnu Katsir mengutip perkataan Ibnu Jarir dan as-Saddi dari Ibnu Abbas ia menyebutkan bahwa Nabi Yusuf adalah nabi yang pertama kali memohon kepada Allah agar wafat dalam keadaan husnul khotimah. Sebagaimana Nabi Nuh yang menjadi nabi pertama berdoa:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَّلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ

Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan  (QS. Nuh ayat 28)

Baca Juga :  Anjuran Membaca Shalawat Ketika Makan Nasi

Demikianlah bagaimana para nabi mengajarkan doa-doa baik kepada umatnya yang juga bisa diamalkan oleh umat Nabi Muhammad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here