Doa Agar Tidak Minder

0
60

BincangSyariah.Com – Dalam keadaan tertentu, terkadang muncul perasaan minder dalam diri kita. Biasanya, perasaan minder ini muncul akibat anggapan dalam diri kita bahwa orang lain lebih superior, lebih istimewa, lebih kuat daripada diri kita sendiri. Akibatnya, kita merasa rendah diri dan puncaknya bisa membuat kita menjadi pengecut, atau jubun, takut menghadapi tantangan dan masalah. Kita perlu selalu melantuntkan doa agar tidak minder. (Baca: Empat Tips Membentuk Kesalehan Diri dalam Surah Al-Ashr)

Menurut psikolog, penyebab minder itu sangat beragam. Seseorang akan merasa minder bila hidup di lingkungan yang serba melarang, menyalahkan, dan meremehkan. Orangtua yang sering menyalahkan dan memarahi anak saat bersalah, namun ia tidak mengapresiasi anaknya saat berhasil itu juga menjadi salah satu penyebab minder. (Baca: Tiga Kesalahan Orangtua dalam Mendidik Anak)

Bacaan Tasbih Agar Tidak Minder

Jika mengalami perasaan minder, selain harus sadar bahwa semua keitimewaan yang diberikan kepada diri kita dan orang lain semuanya berasal dari Allah, kita juga harus membaca tasbih ini agar perasaan minder tersebut hilang. Lafadz doa agar tidak minder adalah sebagai berikut;

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

Subhaanallaah, walhamdu lillaah, wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. (Baca: Lupa Membaca Tasbih dalam Shalat Tasbih, Apakah Harus Melakukan Sujud Sahwi?)

Maha Suci Allah, segala puji milik Allah, tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar.

Doa agar tidak minder ini berdasarkan riwayat Imam Ibnu Abi Syaibah  dalam kitab Al-Mushannaf-nya berikut;

عن زبيد عن مرة بن شراحيل قال: قال عبد الله من جبن منكم عن العدو أن يجاهده، والليل أن يكابده، وضن بالمال أن ينفقه فليكثر، من سبحان الله، والحمد لله، ولا إله إلا الله والله أكبر

Dari Zabid, dari Murrah bin Syarahil, dia berkata bahwa Abdullah berkata; Barangsiapa memiliki perasaan khawatir (takut, minder), untuk menghadapi musuh, mengalami kesulitan bangun malam dan kikir menafkahkan harta, maka hendaknya dia memperbanyak membaca: ‘Subhanallaah walhamdu lillaah wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Wallahu a’lam bis shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here