Doa Agar Terhindar dari Sifat Pelit

1
1611

BincangSyariah.Com – Menjadi seorang dermawan atau ringan tangan tidak perlu menunggu kaya terlebih dahulu. Memberi itu bukan diukur dari banyak atau sedikitnya harta seseorang. Memberi itu datang dari sebuah ketulusan. Tidak perlu banyak, pemberian dari orang yang tak mempunyai harta berlimpah itu cukup menyisihkan dari sebagian kecil hartanya untuk yang membutuhkan. Apalagi yang membutuhkannya itu orang-orang terdekat. Kalau tidak demikian, berarti bisa jadi kita termasuk orang yang pelit. Allah Swt. berfirman:

لَن تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنفِقُوا مِن شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Kamu tak akan mencapai kesempurnaan kebaikan sampai menginfakkan harta yang kamu cintai. Apa saja yang kamu infakkan itu Allah benar-benar mengetahuinya. (QS Ali Imran; 92)

Bagi orang yang tidak punya, sedikit uang itu sangat berharga baginya. Sesuatu yang berharga tentu sangat ia cintai dan tak diharapkan kepergiannya. Nah, orang yang tidak mampu kemudian berani menyedekahkan hartanya yang pas-pasan di jalan Allah itu termasuk dalam ayat ini. Biasanya orang yang tidak mampu kemudian berani menyedekahkan hartanya itu lebih tinggi keikhlasannya daripada orang yang mampu berinfak.

Supaya kita terhindar dari sifat pelit, sahabat Sa‘d bin Abi Waqqash pernah diajarkan Nabi mengenai doa agar kita tidak pelit, sebagaimana berikut.

اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنَ البُخْلِ، وأعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ، وأعُوذ بِكَ أنْ أُرَدَّ إِلَى أرْذَلِ العُمُرِ، وأعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيا يَعْني فِتْنَةَ الدَّجَّالِ، وأعوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ.

Allohumma inni a‘udzu bika minal bukhli, wa a‘udzu bika minal jubni, wa a‘udzu bika an arudda ila ardzalil ‘umuri, wa a‘udzu bika min fitnatid dunya (fitnatid dajjal), wa a‘udzu bika min ‘adzabil qobri.

Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari sifat pelit, takut, penyakit tua, fitnah dunia yaitu fitnah Dajjal, dan azab kubur (HR Bukhari)

Baca Juga :  Ini Doa Saat Mengeluarkan dan Menerima Zakat Fitrah

Semoga kita selalu terhindar dari sifat-sifat yang buruk agar kita selamat di dunia dan di akhirat. Amin.

1 KOMENTAR

  1. […] Allohumma innii as-alukast tsabaata fil amri, wal ‘aziimata ‘alar rusydi wa as-aluka syukro ni’matika wa as-aluka husna ‘ibaadatika wa as-aluka qolban saliiman wa lisaanan shoodiqon wa as-aluka min khoiri maa ta’lamu wa a’uudzubika min syarri maa ta’lamu wa astaghfiruka limaa ta’lamu innaka anta ‘allaamul ghuyuub. (Baca: Doa Agar Terhindar dari Sifat Pelit) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here