Doa Agar Selalu Mendapatkan Petunjuk dan Bimbingan Allah

1
1663

BincangSyariah.Com – Sebagai hamba Allah, kita harus selalu merasa butuh pada-Nya. Jangan sampai kita lupa saat kita sedang diberikan kenikmatan berupa harta berlebih, kesehatan, pangkat, dan lain sebagainya. Sebaliknya, saat kita sedang terpuruk, ingatlah selalu pada-Nya dan hendaklah kita bangkit dari keterpurukan kita. Oleh karena itu, kita hendaknya berdoa agar Allah tidak mencampakkan dan meninggalkan kita sendirian, sampai mencabut kebaikan yang kita miliki akibat kita lalai. Di antara doa agar kita selalu mendapatkan petunjuk dan bimbingan Allah adalah doa yang diriwayatkan dari sahabat Ibnu Umar ra. sebagai berikut:

اللهمَّ لَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ وَلَا تَنْزِعْ مِنّي صالِحَ مَا أعْطِيْتَنِي

Allahumma la takilni ila nafsi thorfata ‘ain, wa la tanzi‘ minni sholiha ma a‘thoitani

Artinya:

Ya Allah, jangan Engkau bebankan (permasalahan) kepadaku seorang diri sekalipun sebentar. Jangan Engkau ambil hal baik dariku yang telah Engkau berikan padaku. (Baca: Ini Kalimat Istighfar Sayidina Umar bin Khaththab)

Imam al-Halimi menjelaskan bahwa doa tersebut merupakan peringatan dari Nabi bahwa umat Nabi Muhammad itu seyogianya harus waspada dan takut dilepas dari keimanan dan taufik Allah. Orang yang sudah kehilangan perhatian dari Allah itu biasanya tidak dapat mengendalikan jiwanya. Akibatnya ia akan menyepelekan agamanya dan mengikuti hawa nafsunya. Oleh karena itu, setiap mukmin itu harus waspada dan takut kehilangan iman dan petunjuk dari Allah.

Baca Juga :  Ini Cara Niat Puasa Daud

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here