Doa Agar Menjadi Orang yang Pandai Bersyukur

2
14703

Kadang kekecewaan dalam hidup membuat kita merasa bahwa kita adalah orang yang paling gagal di dunia. Hidup habis manisnya. Setiap detik menjadi ajang menyecap ketidakpuasan.

Padahal, bisa jadi rasa tidak puas itu hadir karena kita lupa bersyukur pada hal-hal yang telah kita miliki.  Tidak pernah merasa puas dengan apa yang dimiliki memang sudah jadi sifat alamiah manusia. Tapi, jika terlalu lama membiarkan sifat ini ‘bersemayam’ pada diri kita, jangan heran kalau sedikit-sedikit Anda jadi lebih mudah mengeluh.

Sebab itulah, bersyukur adalah cara jitu untuk bisa menikmati hidup. Allah telah banyak memberikan kenikmatan yang tak terhitung jumlahnya, kita ucapkan terimakasih atas-Nya. Bukankah dengan bersyukur Allah akan menambah kenikmatan kita? Ayat dalam QS Ibrahim:7 ini mengingatkan kita bahwa benar adanya bersyukur itu merupakan sebab ditambahnya nikmat. Dalam firman-Nya :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat

Keinginan untuk menjadi seorang hamba yang pandai bersyukur sudah ada, namun susah untuk mewujudkannya dalam realita kehidupan. Lantas apa langkah selanjutnya? Jika kite termasuk orang yang tidak berpurus asa, maka terus dan langitkan bahwa kita bisa menjadi hamba yang bersyukur. Kita berdoa kepada Allah. kita mohon kekuatan-Nya. Tidak ada yang tak mungkin disaat kita menyertakan Allah dalam tiap langkah kita.

Al Qur’an menyuratkan sebuah doa indah yang bisa kita baca agar bisa menjadi orang yang bersyukur. Meski banyak teori yang mengatakan tidak mudah untuk menjadi orang yang pandai bersyukur, itu bukan pertanda tidak mungkin. Jika keinginan, usaha dan doa suda maksimal, insya Allah kita bisa menjadi orang yang bersyukur dalam kondisi apapun. Adapaun doa dalam Al Qur’an tersebut adalah sebagai berikut: 

Baca Juga :  Doa Terhindar dari Perampokan saat Bepergian

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ

Rabbi auzi’ni an asykuro ni’mataka allati an’amta ‘alayya wa ‘ala walidayya

Ya Tuhanku, tunjukkanlah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here