Doa Agar Disehatkan Badan, Mata, dan Telinga

4
2037

BincangSyariah.Com – Islam merupakan satu-satunya agama yang memberikan perhatian utama terhadap kesehatan manusia. Setiap Muslim wajib secara agama menjaga kesehatannya dan menyeimbangkannya dengan kebutuhan rohaninya. Badan, mata, dan telinga adala titipan Allah yang perlu dijaga. Karena jika tidak, maka beberapa anggota tersebut akan mengalami permasalahan.

Disinilah kita perlu melakukan penjagaan dan pemeliharaan terhadap seluruh anggota tubuh yang telah Allah anugerahkan kepada kita. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

ولجسدك عليك حقا

Dan sesungguhnya badanmu mempunyai hak atas dirimu (HR Muslim)

Penjagaan dan pemeliharaan yang baik tentu akan memberikan efek yang positif bagi jiwa dan raga. Bahkan, penjagaan dan pemeliharaan kesehatan menjadi bagian pemeliharaan kedua dari prinsip-prinsip pemeliharaan pokok dalam syariat Islam yang terdiri dari; pemeliharaan agama, kesehatan, keturunan, harta dan jiwa. Sedemikian besar perhatian Islam terhadap kesehatan badan pemeluknya, sampai-sampai di dalam beberapa ayat Alquran, As-sunnah dan kitab-kitab fikih terdapat bahasan khusus mengenai kesehatan, penyakit dan petunjuk Rasul SAW dalam hal penjagaan dan pengobatan.

Ibadah menjadi nikmat dan lancar jika badan, mata, dan telinga dalam kondisi sehat dan baik-baik saja. Berbeda dengan ibadah yang disertai cacat badan atau sakit lainnya. Selain menjaga dan memeliharanya dengan baik, Rasulullah juga mengajarkan sebuah doa untuk disehatkan badan, mata, dan telinga. Kesehatan itu datangnya dari Allah, karena itu tak ada salahnya kita menjemputnya dengan menjemputnya langsung dengan berdoa kepada allah. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَاَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Baca Juga :  Ini Cara Niat Puasa Ayyamul Bidh

“Ya Allah, sehatkanlah tubuhku, sehatkanlah pendengaranku, sehatkanlah penglihatanku, tidak ada Tuhan selain Engkau. Ya Allah, aku berlindung dengan-Mu dari kekafiran dan kemiskinan. Ya Allah, aku berlindung dengan-Mu dari siksa kubur, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau.” (HR Abu Daud)

Sebuah doa yang mengharapkan agar Allah senantiasa memberikan kesehatan pada badan, mata, dan telinga kita. Doa tersebut juga disandingkan dengan usaha lahiriyah dalam menjaga dan memelihara kesehatan badan, mata, dan telinga juga. Alhasil, kita akan bisa menikmati ibadah dan aktivitas lainnya dengan nikmat dan lancar.

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here