Ini Doa Nabi Zakariya Saat Memohon Segera Diberi Keturunan

0
2193

BincangSyariah.Com – Salah satu tujuan dari pernikahan adalah untuk mendapatkan keturunan. Memiliki anak dan keturunan adalah harapan bagi setiap pasangan suami-istri. Tapi terkadang tidak semua orang langsung dan cepat diberi keturunan atau momongan. Ada yang lambat dan bahkan ada yang tidak mendapatkan sama sekali. Kalau belum diberi keturunan, alangkah baiknya selalu berdoa dan memohon kepada Allah.

Nabi Zakariya merupakan Nabi yang diuji Allah dengan cara tidak diberí keturunan untuk jangka waktu yang lama. Ketika usianya suda tidak muda lagi, baru beliau diberi keturunan. Beliau selalu berdoa kepada Allah agar diberi keturunan. Salah doa yang sering beliau baca terdapat dalam Surah Al-Anbiya ayat 89 yang berbunyi:

وَزَكَرِيَّا إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ رَبِّ لَا تَذَرْنِي فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ الْوَارِثِينَ

Artinya:

Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik.

Menurut Syekh Nawawi al-Bantani dalam Tafsirnya Marah Labidz yang mengutip pendapat Ibnu Abbas bahwa Nabi Zakaria saat itu berumur 100 tahun, sedangkan Istrinya yang bernama Isyaa’ itu berumur 99 tahun.

Dengan kekuatan doa dan usaha yang maksimal akhirnya Allah memberikan keturunan berupa putera yaitu Nabi Yahya AS.

Di dalam doa ini, beliau memuji kepada Allah Dzat yang mengetahui akhir dari segala urusan, dan Dzat yang maha kekal selamanya setelah semua makhluk hancur tak tersisa.

Doa ini sangat baik dibaca oleh orang yang merindukan kehadiran seorang anak yang menjadi dambaan orang tuanya, seperti harapan Nabi Zakaria.

Tulisan ini sudah dipublikasikan di Islami.co

Baca Juga :  Doa Nabi Adam Saat Terusir dari Surga, Semua Keinginannya Terkabulkan  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here