Doa Agar Cepat  “Move On”

0
9374

BincangSyariah.Com – Move on adalah risiko setelah menyukai orang lain. Kita harus siap dengan risiko tersebut kapan saja dan di mana saja. Bahkan pada masa yang begitu singkat, bisa saja orang yang kita sukai kini menjauh dan hilang bagai ditelan bumi. Karena acara khitbah belum pasti penentu jodoh.

Dan yang pasti adalah gagal dalam sebuah hubungan memang tak pernah terasa menyenangkan. Karena kepergian orang yang biasa hadir dalam hidup kita adalah bagian yang paling menyakitkan.

Namun jika kita masih memiliki pagar yang kuat, kita akan bisa melewatkan masa-masa itu dengan baik dan cepat. Jodoh memang di tangan Tuhan, namun menjemputnya adalah hal yang perlu dilakukan. Namun setelah kita telah jauh berjuang, ternyata tetap Allah yang bisa menentukan. Allah Maha Tahu yang terbaik. Dalam QS Al Baqarah ayat 216 disebutkan:

وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

Berburuk sangka kepada Allah bisa terjadi saat kita mencintai seseorang, namun ternyata tidak bisa memiikinya karena beberapa alasan. Nah di sinilah ayat tersebut mengingatkan bahwa kita tetap harus rida dengan segenap keputusan Allah.

Keputusan yang tidak cocok dengan keinginan tidak mengharuskan kita berburuk sangka kepada Allah, justru sebaliknya. Tetap berbaik sangka kepada-Nya, karena ada banyak mutiara hikmah di balik semua itu.

Wajar jika bersedih saat gagal menjalani hubungan spesial dengan seseorang, Namun tidak dengan galau yang berkepanjangan. Sebab susah move on adalah salah satu tanda seseorang tidak rida dengan ketetapan Allah.

Baca Juga :  Bacaan Zikir Setelah Salat Wajib

Sebaiknya kita percayakan semua itu kepada-Nya, kita tetap mau diatur atas kehendak-Nya. Sebab jodoh di tangan Tuhan. Jika kita tidak mau diatur Tuhan dengan kehendak-Nya, bagaimana Tuhan berkehendak memberi jodoh kepada kita?

Move on itu memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Rasululah sudah membekali sebuah doa yang bisa memperecepat proses move on tersebut. Doanya adalah sebagai berikut:

اللهم آجرني في مصيبتي، وأخلف لي خيرًا منها

Allahumma ajirni fi mushibati wa akhlif li khairan minha

Ya Allah berilah aku pahala dam musibah ini, dan gantikanlah bagiku dengan sesuatu yang lebih baik dari padanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here