Doa Agar Bisa Bertawakal dengan Benar Kepada Allah

0
75

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, selain dianjurkan untuk berusaha dengan sungguh-sungguh, kita juga dianjurkan untuk senantiasa bertawakkal dengan benar kepada Allah. Menurut Sayid Abdullah bin Alawi Al-Haddad dalam kitab Risalah Al-Muwanah, tanda tawakkal yang benar kepada Allah ada tiga. Pertama, tidak mengharap kepada selain Allah. Kedua, percaya dengan jaminan Allah dalam masalah rizeki. Ketiga, tidak pernah khawatir terhadap datangnya kegagalan. (Baca: Apakah Meninggalkan Pekerjaan Termasuk Bagian dari Tawakal pada Allah?)

Di antara doa yang senantiasa bisa kita baca doa agar bisa bertawakal dengan benar kepada Allah adalah sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ اَسْئَلُكَ التَّوْفِيْقَ لِمَحَابِّكَ مِنَ اْلاَعْمَالِ وَصِدْقَ التَّوَكُّلِ عَلَيْكَ وَحُسْنَ الظَّنِّ بِكَ

Allohumma as-alukat taufiiqo li mahabbika minal a’maali wa shidqot tawakkuli ‘alaika wa husnadz dzonni bika.

Ya Allah, aku memohon pertolongan kepada-Mu untuk mengerjakan amal-amal yang Engkau cintai, (aku memohon) kepasrahan yang benar kepada-Mu, dan berperasangka yang baik kepada-Mu.

Doa ini disebutkan oleh Ibn Abi Ad-Dunya’ dalam kitab at-Tawakkul ‘ala Allah berikut;

عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ، قَالَ: كَانَ مِنْ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ التَّوْفِيقَ لِمَحَابِّكَ مِنَ الْأَعْمَالِ، وَصِدْقَ التَّوَكُّلِ عَلَيْكَ، وَحُسْنَ الظَّنِّ بِكَ

Dari Al-Awza’i, dia berkata; Di antara doa Nabi Saw; Allohumma as-alukat taufiiqo li mahabbika minal a’maali wa shidqot tawakkuli ‘alaika wa husnadz dzonni bika (Ya Allah, aku memohon pertolongan kepada-Mu untuk mengerjakan amal-amal yang Engkau cintai, (aku memohon) kepasrahan yang benar kepada-Mu, dan berperasangka yang baik kepada-Mu).

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here