Doa Agar Anak Tidak Kena Sawan dan Rewel

0
15653

BincangSyariah.Com – Seringkali anak kecil tiba-tiba menangis sekencang-kencangnya, rewel tanpa sebab yang jelas dan mengalami perubahan perilaku yang tidak seperti biasanya. Dalam tradisi jawa, fenomena tersebut acapkali disebut dengan sawan atau saben (dalam bahasa Madura). Sawan ini juga bisa menghampiri ibu yang hamil atau kita yang sudah dewsa pun.

Berdasarkan realita di kehidupan nyata, sawan itu ada beberapa jenis macamnya. Misalnya sawan mayit, sawn manten, sawan angina atau sawan lainnya. namun yang sering terjadi adalah sawan mayit dan sawan manten. Misalnya anak bayi yang ikut menghadiri resepsi pernikahan atau pemakaman jenazah, pulangnya nulai mengalami gejala panas tinggi dan menjadi rewel.

Penyembuhan ala primbon yang terealisasi di tengah masyarakat berwarna-warni. Misalnya dimintakan sedikit bunga yang digunakan kedua mempelai saat anak kecil sawan manten. Atau bahkan ada ramuan yang harus dicari berdasarkan primbon Brtaljemur Adammakna. Yakni inggu batang suruh atau sirih, dlingo, serta bawang. Cara membuat ramuannya juga disebutkan dengan rincian tertentu.

Namun jika kita kembalikan semuanya kepada Allah, maka cukup kita sertakan doa seperti yang dibacakan kepada cucunya. Kejadian yang aneh yang datangnya tak diduga tersebut datangnya dari Allah, sebab itulah seyogyanya kita memohon obat mujarab pun cukup kepada-Nya. Atau untuk yang belum pernah terkena sesuatu yang bernama sawan tersebut, tidak ada jeleknya kita berlindung dari hal-hal tersebut dengan berdoa kepada-Nya.

Dituliskan dalam Maslakul Akhyar yang ditulis oleh Imam Sayyid Ustman bin Yahya, Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَوِّذُ الْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ» ثُمَّ يَقُولُ: كَانَ أَبُوكُمْ يُعَوِّذُ بِهِمَا إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ

Baca Juga :  Pantaskah Seorang Anak Menasehati Orangtuanya?

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memohonkan perlindungan untuk Al-Hasan dan Al-Husain (dengan berkata) ‘U’iidzuka bikalimaatillaahit taammaati min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ainin laammah.’’ Kemudian beliau bersabda, ‘Sesungguhnya ayah kalian (Nabi Ibrahim) memohonkan perlindungan dengan kalimat itu untuk Isma’il dan Ishaq ” (HR. Abu Daud)

Doa yang dimaksud di atas sebagai berikut.

‘U’iidzuka bi kalimaatillaahit taammaati min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ainin laammah.

Aku berlindung pada-Mu dengan untaian-untaian kata Allah yang sempurna dari setiap setan, hewan mematikan yang berkeliaran pada malam hari, dan pandangan mata yang penuh iri dan dengki.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here