Cara Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri Lengkap Arab, Latin, dan Terjemah

0
4501

BincangSyariah.Com – Mandi hari raya Idul Fitri, baik bagi orang yang hendak menghadiri salat Idul Fitri atau tidak, karena hari raya adalah hari berhias, itu sunah bagi semua umat muslim baik laki-laki maupun perempuan untuk mandi di hari rayanya.

Diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas bahwa Rasulullah saw. itu mandi saat Idul Fitri dan Idul Adha (HR Ibnu Majah).

Menurut mazhab Syafii, mandi Idul Fitri sudah bisa dilakukan pada pertengahan malam. Selain itu, kesunahan mandi Idul Fitri ini juga berlaku bagi wanita yang sedang haid atau nifas. (Baca: Perempuan Haid Tetap Dianjurkan Mandi Sunah Idulfitri?).

Akan tetapi, mandi menjelang pelaksanaan shalat Idul Fitri akan berlangsung itu lebih utama, karena kita masih dalam kondisi fresh. (Baca: Anjuran Menggunakan Parfum Sebelum Shalat Idul Fitri)

Dasar lain kesunahan mandi Idul Fitri adalah hadis riwayat Imam Malik di dalam kitab Muwatha’ berikut ini:

أن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما كان يغتسل يوم الفطر، قبل أن يغدو إلى المصلى.

Bahwasanya Abdullah bin Umar ra. selalu mandi di hari Idulfitri sebelum ia berangkat ke musala.

Aktivitas sahabat tersebut berpedoman pada kesunahan mandi di saat hendak salat Jumat, di mana disunahkan dalam keadaan bersih sebelum berkumpul dengan banyak orang. Demikian pula dengan Idulfitri yang juga dipastikan akan bertemu dengan banyak orang, maka disunahkan mandi terlebih dahulu agar tidak mengganggu kenyamanan orang banyak.

Adapun niat mandi sunah Idulfitri sebagai berikut:

نويت الغسل سنة لعيد الفطر لله تعالى

Nawaitul ghusla sunnatan li ‘idil fithri lillahi ta’ala

Saya niat mandi sunah untuk Idulfitri karena Allah ta’ala.” Sedangkan waktu pelaksanaannya bisa dilakukan mulai dari pertengahan malam Idulfitri.”

Baca Juga :  Berdoalah dengan Ismul Azham saat Mengalami Kesusahan            

Selain mandi, kita juga dianjurkan memakai pakaian rapih, parfum, mencukur rambut, memotong kuku seperti yang dilakukan pada hari Jumat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here