Berikut Doa Bulan Syakban dan Malam Nisfu Syakban

0
40

BincangSyariah.Com- Berikut penjelasan Amalan Doa Bulan Syakban dan Malam Nisfu Syakban.

Syahdan, saat ini kita tengah berada di bulan Syakban. Bulan yang sangat mulia dan penuh berkah. Pada bulan ini Rasulullah mengisinya dengan memperbanyak puasa dan beramal kebajikan. Pasalnya, menurut hadis Nabi Muhammad, pada bulan ini amal manusia diangkat oleh Allah. Untuk itu, seharusnya manusia mengisinya dengan amal kebaikan.

Di bulan Syakban manusia dianjurkan untuk memperbanyak berdoa. Nah, menurut Dar Ifta Mesir berikut doa yang dianjurkan dibaca ketika  bulan Syakban.

Berikut doa bulan Syakban;

اللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْهِ، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ، يَا ذَا الطَّوْلِ وَالإِنْعَامِ. لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِئينَ، وَجَارَ الْمُسْتَجِيرِينَ، وَأَمَانَ الْخَائِفِينَ. اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مَطْرُودًا أَوْ مُقَتَّرًا عَلَيَّ فِي الرِّزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِي وَإِقْتَارَ رِزْقِي، وَأَثْبِتْنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ سَعِيدًا مَرْزُوقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ، فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِي كِتَابِكَ الْمُنَزَّلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ: ﴿يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ﴾، إِلَهِي بِالتَّجَلِّي الْأَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ، الَّتِي يُفْرَقُ فِيهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ وَيُبْرَمُ، أَنْ تَكْشِفَ عَنَّا مِنَ الْبَلَاءِ مَا نَعْلَمُ وَمَا لَا نَعْلَمُ وَمَا أَنْتَ بِهِ أَعْلَمُ، إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعَزُّ الْأَكْرَمُ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya; Ya Tuhan ku yang Maha Pemberi,  dan Engkau Tuhan tak butuh. Wahai Tuhan  yang memiliki memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala kenikmatan. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau Tuhan tempat minta pertolongan, dan tempat berlindung orang orang yang dari ketakutan, dan engkau adalah tempat aman dari rasa takut.

Ya Allah, jika  engkau menuliskan catatan ku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka,  atau orang  sial, atau  yang celaksa, dan orang yang sempit rezeki, maka aku mohon hapuskanlah itu Ya Allah.

Ya Allah hapuslah segera di Luh Mahfuz  dengan kemuliaan mu akan kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezeki ku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan

Ya Allah, jika Engkau berkata, maka pasti perkataan Mu adalah suatu kebenaran sebagaimana kitab yang diturunkan  melalui ucapan Rasul utusanMu (Muhammad), (Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki).

Ya Allah dengan tajalli mu yang mulia di malam Nisfu syakban yang mulia ini, yang semua amal kebajikan diangkat pada bulan ini, bahwa engkau jauhkan dari kamu dari segala bala (musibah) dari yang kami ketahui dan yang tak kami ketahui, dan tak ada yang mengetahuinya kecuali Engkau. Engkaulah yang maha agung dan mulia.

Semoga Allah memberikan salawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah Ta’ala.

Dan juga baca tambahan doa bulan Syakban berikut

اللهم أحيينا حياة السعداء وأمتنا ممات الشهداء ، واحشرنا في زمرة الأنبياء والأصفياء إنك أنت الغفور الرحيم وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين ، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

Allohumma ahyina hayata as sua’da wa amitna ma matas asy syuhada, wah syurna fi dzumroti al aulia, wal ashfia , innaka anta al ghofurul rohimi , wa so lallohu a’la alihi wa ashabihi ajma’in. wa akhiru dakwana anil hamdulillahi robbil a’lamin.

Artinya: Ya Allah hidupkanlah aku dalam kebahagiaan dan matikanlah aku dalam keadaan mati oran-orang yang syahid, dan kumpulkanlah daku di akhirat dengan  barisan para nabi dan kekasih Mu. Sesungguhnya engkau pengampun dan pengasih. Dan shalawat atas nabi Muhammad dan sahabat dan keluarganya. Dan demikian pinta ku pada Mu ya Allah, segala puji bagi Mu. Tuhan sekalian alam.

Demikian amalan doa bulan Syakban dan sekaligus doa malam Nisfu Syakban

(Baca:Ataqoh Kubro: Amalan Agar Selamat dari Siksa Kubur dan Api Neraka)

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here